Apa itu penyakit herpes kulit?

P Info Penanya: P
Saya ada gatal dok di leher kadang muncul kadang hilang. Dia bintik merah dan berair. Sudah hmpir 4 bulan dia hilang timbul. Baru bulan lalu saya pergi ke pantai dan memakai pakaian pendek. Setelah itu saya mendapati kulit saya merah seperti terbakar karena sinar matahari. Dan apabila mandi kulit yg merah perih jika terkena air. Tidak lama setelah itu mulai muncul gatal kulit dan dia kering bersisik. Beda dengan yg dileher dia bintik merah dan berair. Kalau yg dibadan dia gatal kering bersisik
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi P,

Gatal pada kulit adalah gejala yang bisa timbul akibat beragam penyebab mulai dari reaksi alergi, peradangan kulit, gigitan serangga ataupun infeksi pada kulit yang bisa timbul karena infeksi virus, jamur, ataupun bakteri.

Apabila timbul ruam kulit disertai adanya bintil berair hal ini bisa dipicu oleh beberapa kemungkinan seperti misalnya infeksi herpes zoster atau penyakit kulit akibat virus varicella zoster, biang keringat ataupun infeksi bakteri seperti impetigo. Jadi untuk mengatasinya perlu dipastikan penyebabnya pada dokter atau dokter spesialis kulit. Nantinya penanganan akan diberikan sesuai dengan penyebabnya. Jika karena infeksi virus maka akan diberikan antivirus baik obat oles ataupun obat minum sedangkan jika karena bakteri maka akan diberikan antibiotik.

Upayakan agar lesi tersebut tetap kering dan bersih, upayakan tidak menggaruk agar tidak terjadi iritasi dan infeksi, tingkatkan daya tahan tubuh dengan cukup mengonsumsi makanan bernutrisi, perbanyak minum air putih dan segera memeriksakan diri. Apabila penyebabnya adalah herpes maka perlu segera ditangani agar tidak menimbulkan gejala sisa akibat kerusakan saraf yang bisa ditimbulkan oleh infeksi virus tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)