21 Nov 2020, 22:40Kulit & Kelamin

Gatal disertai bintik-bintik merah, apa penyebabnya?

DA
Info Penanya: DA, Wanita, 21 Tahun
Halo dok , saya mengalami gatal² lalu muncul bintik² merah sama bentol² kecil² , apa itu alergi atau apa ya dok?
69 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, DA.Gatal yang disertai bintik merah dan bentol-bentol dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari alergi, iritasi, hingga infeksi. Untuk membedakan yang mana penyebabnya, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mulai dari tanya-jawab terkait gejala, pemeriksaan fisik dan melihat langsung bentuk ruamnya, maupun pemeriksaan penunjang seperti laboratorium.

Tes Alergi

Apabila Anda mencurigai bahwa gatal dan ruam kulit tersebut disebabkan karena alergi, Anda dapat mencoba melakukan tes alergi. Ada beberapa jenis tes alergi yang saat ini dikenal, yaitu:
  • prick test
  • patch test
  • tes IgE atopy
Tes-tes tersebut dapat dilakukan di laboratorium atas permintaan pribadi, namun agar pembacaan hasil dapat lebih akurat, disarankan agar berkonsultasi juga kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya, dokter akan menjelaskan apakah benar ada alergi yang Anda alami, dan jenis-jenis makanan apa saja yang sebaiknya Anda hindari.Lalu, apabila ternyata pada hasil tes membuktikan bahwa Anda tidak memiliki alergi apapun, dokter juga akan memikirkan kemungkinan lainnya dan memberikan terapi yang sesuai. Misalnya, salep antijamur untuk infeksi jamur, atau salep antivirus untuk infeksi virus. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
alergigatalalergi dingin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil