Gatal pada kulit kepala, bagaimana penangaannya?

FP Info Penanya: FP, Pria, 2019 Tahun
Gatal pada kulit kepala, putih putih seperti panu, dan terasa gatal sekali sewaktu mau berkeringat, gimana penangannya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FP,

Permasalahan gatal pada kulit kepala disertai timbulnya serbuk berwarna putih dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti diantarnaya adalah:

  • Ketombe dapat disertai rasa gatal akibat kumpulan sel kulit mati pada kulit kepala
  • Dermatitis seboroik atau peradangan pada kulit kepala yang juga menimbulkan kerak dan kulit yang kemerahan dan berminyak
  • Infeksi jamur kepala atau disebut dengan tinea kapitis
  • Psoriasis atau peradangan kronik pada kulit kepala yang penyebabnya tidak diketahui pasti atau termasuk penyakit autoimun
  • Lichen planus atau peradangan pada kulit kepala menimbulkan gatal dan luka seperti keunguan dan garis-garis putih
  • Infeksi kutu rambut

Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa upaya seperti rutin membersihkan kepala dengan sampoo yang mengandung zinc, asam salisilat, selenium sulfide atau sampo ketokonazole jika penyebabnya adalah jamu. Keringkan kepala hingga benar-benar bersih dan juga menjaga kebersihan penutup kepala seperti topi atau helm dengan rutin serta hindari pemakaiannya jika basah atau lembap.

Jika keluhan tidak membaik periksakan diri pada dokter kulit untuk diketahui penyebabnya secara pasti dan diberikan penagnanan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.