Penyebab gatal berair pada anak-anak

H Info Penanya: H
Pagi dok, sya punya ponakan baru umur 1 tahun yang mengalami gatal-gatal kayak ada airnya. dan itu sudah sejak beberapa bulan lalu. sudah dibawa kedokter tapi hanya dikasih obat dan salep. tapi sampe sekarang masih ada gatal nya. dan gatalnya itu menular. dan karena itu dia tidak bisa imunisasi. itu kira-kira kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gatal di kulit sering terjadi pada anak-anak. Terkadang disertai dengan timbulnya benjolan yang berair di sekitar kulit yang gatal. Penyebabnya macam-macam bisa karena dari faktor kebersihan diri yang kurang, keadaan lingkungan sekitar yang tidak bersih, alergi, dll. Ada beberapa penyakit kulit yang menyebabkan kulit gatal dan berair.

Beberapa penyakit kulit yang menyebabkan kulit gatal dan berair yaitu:
  • Impetigo: infeksi bakteri Streptococcus dan Staphylococcus pada kulit. Sering terjadi pada balita dan anak-anak. Gejalanya berupa titik merah, melepuh, dan gatal. Penyakit ini bisa menular ke bagian tubuh yang lain.
  • Dermatitis kontak alergi: ketika kulit terkena zat allergen seperti nikel, bahan pewangi, karet dll, maka akan timbul gatal dan disusul dengan bentuk lentingan.
  • Dermatitis kontak iritan: kulit terasa gatal dan akan mengeluarkan cairan bila digaruk akibat terkena zat-zat kimia, sabun, dll.
  • Virus herpes simpleks: terkena virus herpes membuat kondisi kulit menjadi gatal, kesemutan, lentingan berisi cairan di kulit dan dapat menular ke bagian tubuh yang lain.
  • Cacar air dan herpes zoster: penyakit ini menyebabkan munculnya benjolan yang berisi cairan, gatal, dan bila digaruk maka benjolan tersebut akan pecah dan cairannya bisa menular kemana-mana.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab munculnya gatal-gatal berair pada keponakan Anda, saya sarankan untuk Anda membawa keponakan Anda ke dokter anak agar dapat diperiksa secara langsung dan diberikan terapi yang tepat sesuai dengan penyakitnya. Untuk sementara, Anda bisa memberikan bedak salicyl ke bagian tubuh keponakan Anda yang gatal, lalu bisa juga dengan mengompres air hangat untuk mengurangi rasa gatalnya. Tetap menjaga kebersihan tubuh agar cairan dari lentingan yang sudah pecah tidak menyebar kemana-mana.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut kemaluan dapat diatasi dengan shampo dan salep yang mengandung ivermectin, piretrin dan piperonyl butoxide, permethrin, lindane, atau lindane

Lakukan Ini untuk Mengatasi Kutu Rambut Kemaluan

Kutu rambut kemaluan adalah parasit yang ada di daerah kemaluan dan menimbulkan rasa gatal. Kutu ini dapat diatasi dengan salep yang mengandung ivermectin, permethrin, atau lindane.