Gatal Jamur selangkangan

MJ Info Penanya: MJ
Saya terkena gatal di area selangkangan...obat dan salep jamur apa ya yang ampuh...kalau hbs mandi rasanya gatal banget.sudah mencoba berbagai salep jamur yg harganya sekitas 10-50rb.thnks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MJA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gatal pada selangkangan merupakan keadaan yang kerap kali disebabkan oleh iritasi yang dipicu oleh kondisi lembap dan gesekan permukaan kulit. Selanjutnya, pada kondisi tersebut, jamur dan bakteri menjadi mudah untuk berkembang dan menimbulkan keluhan gatal.

Beberapa faktor penyebab timbulnya gejala gatal pada selangkangan antara lain :
  • infeksi jamur yang disebut dengan tinea cruris
  • penyakit autoimun yang dikenal dengan psoriasis
  • dermatitis atau eksim
  • infeksi bakteri yang disebut dengan eritrasma

Terkait dengan pertanyaan Anda, pengobatan keluhan gatal pada selangkangan yang Anda alami terlebih dulu harus dipastikan penyebabnya karena obat yang digunakan dapat berbeda pada setiap penyebab. Gatal pada selangkangan yang Anda alami bisa jadi bukan merupakan infeksi jamur apabila telah dicoba diobati dengan salep jamur tetapi keluhan tidak kunjung membaik. Sebaiknya Anda periksakan kondisi kelainan kulit Anda pada dokter terdekat untuk memastikan penyebabnya secara akurat sehingga pengobatannya pun tepat.

Hendaknya Anda juga menjaga area tersebut agar senatiasa kering dengan mengganti pakaian dalam secara berkala dan menggunakan bahan yang menyerap keringat seperti katun. Hindari penggunaan celana dalam yang ketat agar tidak terjadi iritasi.

Berikut saya lampirkan artikel terkait "penyebab gatal pada selangkangan" sebagai informasi tambahan. 

Apabila keluhan tidak kunjung membaik, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Kulit

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi endogenus pada reproduksi wanita bisa dicegah dengan menghindari penggunaan antibiotik

Benarkah Infeksi Endogenus Banyak Dialami Wanita?

Infeksi endogenus adalah infeksi saluran reproduksi. Kondisi itu terjadi ketika terdapat pertumbuhan organisme pemicu infeksi secara berlebihan pada saluran reproduksi. Infeksi saluran reproduksi dibagi menjadi tiga, yaitu infeksi menular seksual, infeksi endogenus, dan infeksi iatrogenik. Infeksi endogenus menjadi infeksi yang banyak terjadi di dunia.