15 Oct 2020, 00:59Kulit & Kelamin

Gatal dan iritasi pada miss V

AR
Info Penanya: AR0
Hai dok, saya mengalami gatal gatal parah pada area V ketika saya kelas 7smp karena menggunakan pembalut yang memiliki wangi ekstra mawar dan setelah itu area V saya mengalami gatal gatal yang sangat parah sampai sekarang. Saya sudah coba pakai laktasit, dan pembersih kewanitaan dan alhamdulillah bisa meredakan gatal namun hanya sementara. Saya takut ini herpes dok, naudzubillah...... Namun saya tidak pernah melalukan hubungan intim dengan pria karena setau saya herpes itu menular dari sana.
416 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, AR.Rasa gatal pada vagina yang terjadi pasca penggunaan pembalut dapat ddisebabkan oleh dermatitis kontak iritan. Selain parfum mawar yang mengandung bahan kimia, bahan-bahan lain yang terkandung di pembalut, bahkan kapasnya yang berfungsi untuk menyerap darah, juga dapat memicu iritasi.Untuk itu, disarankan agar Anda menggunakan pembalut jenis lain yang tidak mengandung pewangi. Atau, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan pembalut kain atau menstrual cup. Lalu, lakukan beberapa hal berikut untuk mengurangi rasa gatal sekaligus menjaga kesehatan vagina:
  • Memastikan area vagina tidak lembab, dengan memilih pakaian dalam yang menyerap keringat dan berukuran tidak ketat
  • Membasuh vagina setiap habis buang air, dari depan ke belakang
  • Merapikan bulu-bulu kemaluan, namun hati-hati tergores atau terluka saat mencukur
  • Tidak menggaruk karena dapat memicu infeksi
Apabila dengan cara-cara tersebut keluhan gatal tidak membaik, periksakanlah diri Anda kepada dokter spesialis kulit. Dikhawatirkan ada penyakit lain seperti bakterial vaginosis, infeksi jamur kandida, atau infeksi vagina lainnya. Sedangkan untuk herpes, hal tersebut kemungkinan besar bukan penyebabnya, mengingat Anda tidak pernah melakukan hubungan seks berisiko. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr Sylvia
vagina gatalherpes genitalvaginosis bakteri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil