Apa penyebab bintik bening berair dan gatal di kulit?

CN Info Penanya: CN, Pria, 28 Tahun
Malam dok,awal nya saya gatal gatal di pundak terus sekarang menyebar ke tangan dan muka dan gatal nya tuh sangat gatal dan ada bintik bintik kecil bening air mohon bantuan nya dok apa obat nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, C.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bintik bening berair yang muncul di tangan dan terasa gatal memang sangat mengganggu. Kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya dan bisa juga menetap. Kondisi ini dinamakan dengan dermatitis dishidrotik. Penyakit ini memang menyebabkan rasa gatal yang ringan hingga berat dan terkadang memunculkan sensasi terbakar di kulit. 

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab, yaitu: 

  • Faktor genetik.
  • Stres.
  • Perubahan cuaca. 
  • Alergi terhadap logam tertentu seperti emas, perak, nikel.
  • Infeksi jamur atau bakteri di kulit.
  • Keringat berlebihan di tangan dan kaki.
  • Terkena air terlalu lama.

Selain itu, ada beberapa kondisi medis yang memiliki gejala seperti ini, yaitu kutu air, herpes, alergi atau iritasi detergen, dll. Untuk memastikan penyebab yang terjadi pasa kondisi kulit Anda ini, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit kelamin agar dilakukan pemeriksaan fisik langsung, tes darah, dll.

Untuk sementara, Anda bisa menggunakan losion calamine, merendam dengan air dingin atau kompres es di daerah yang gatal. Hindari kebiasaan menggaruk dan makan makanan yang mengandung antioksidan, vitamin E, vitamin A, dan vitamin C. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh CN
26 Mar 2020, 00:19
Mohon bantun nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
27 Mar 2020, 07:10
Terlampir jawaban tim dokter SehatQ di atas ya, CN. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memilih makeup untuk jerawat dan skincare untuk jerawat yang tepat merupakan langkah penting dalam perawatan kulit untuk mengatasi jerawat

Memilih Skincare dan Makeup untuk Jerawat, Bagaimana Caranya?

Memiliki kulit berjerawat membuat Anda harus lebih selektif dalam membeli makeup dan skincare untuk jerawat. Khusus makeup untuk jerawat, perhatikan kandungan-kandungan yang berpotensi memiliki efek samping dan mengandung bahan kimia yang berbahaya.