Gatal-gatal, sakit kepala bagian atas dan benjolan di belakang leher. Itu gejala penyakit apa?

JV Info Penanya: JV, Pria, 2019 Tahun
Dok, kalau kita sering terkena gatal-gatal,sakit kepala di bagian atas(dekat ubun-ubun, dan benjolan pada belakang leher. Itu gejala penyakit apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, J

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gatal-gatalnya apakah di kepala juga? Bila iya kemungkinan anda mengalami peradangan di folikel rambut akibat infeksi bakteri atau jamur. Folikel adalah tempat rambut tumbuh yang berbentuk kantung. Terdapat di seluruh tubuh kecuali bibir, telapak tangan dan kaki. Penyakit ini tidak berbahaya tapi gatal dan perihnya bisa menganggu dan pada infeksi berat sampai meninggalkan bekas permanen. Benjolan di belakang leher adalah reaksi tubuh terutama kelenjar limfe dalam melawan infeksi sehingga menjadi bengkak.

Faktor yang menyebabkan seseorang bisa terkena folikulitis adalah kondisi medis yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh seperti diabetes atau HIV. Riwayat penyakit kulit atau berjerawat. Penggunaan krim jangka panjang. Menjalan aktivitas yang merusak folikel rambut seperti mencukur atau mengenakan pakaian yang ketat misalnya topi.

Untuk memastikan diagnosanya anda perlu diperiksa langsung oleh Dokter terutama Spesialis Kulit agar mendapat terapi yang tepat. Anda juga dapat membaca artikel mengenai infeksi kulit yang perlu diwaspadai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh JV
09 Sep 2019, 11:22
Kalau untuk sakit kepala di bagian atas (dekat ubun-ubun), Sama benjolannya itu gejala apa dok?
Dibalas oleh JV
09 Sep 2019, 11:24
Kalau sakit kepala di bagian atas(dekat ubun-ubun), sama benjolannya itu gejala penyakit apa dok?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan ketombe secara permanen.

Lakukan Ini dan Ucapkan Selamat Tinggal pada Ketombe

Meskipun bukan penyakit menular, ketombe bisa sangat mengganggu. Namun jangan khawatir, karena ada berbagai cara mengatasi ketombe secara permanen.Ketombe ditandai dengan munculnya serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal. Persoalan ketombe diderita oleh hampir 50% dari populasi di seluruh dunia. Untuk menghilangkan ketombe, bahan-bahan alami seperti lidah buaya, cuka apel dan lainnya dapat dimanfaatkan.