Bentol-bentol di kulit, apa penyebabnya?

AR Info Penanya: AR, Wanita
selamat malam dok, saya mau tanya.. kulit saya gatal, bentol merah, dan semakin hari bisa bertambah 2/3 bentolan didaerah yg berdekatan. bentolnya merah agak besar seperti digigit semut, tapi semakin hari nambah, tp ada juga yg mengering. awalnya hanya dilutut, tp skrg sudah sampai tangan. itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ARY.

Kulit adalah organ terluar pada tubuh manusia, yang berfungsi untuk melindungi organ-organ dalam dari benda asing, seperti bakteri, virus, atau alergen. Kulit yang sehat tentu menjadi idaman bagi semua orang, terlebih para wanita. Oleh karena itu, gangguan kulit akan tentu menjadi masalah yang membuat tidak nyaman.

Terkait kondisi Anda, bentol-bentol merah yang terasa gatal di kulit bisa disebabkan oleh:

  • Gigitan serangga
  • Urtikaria yang disebabkan oleh alergi tertentu
  • Biang keringat atau miliaria
  • Infeksi kulit yang sedang meradang (dermatitis)
  • dan masih banyak penyebab lainnya

Untuk sementara, hindari menggaruk bentol-bentol tersebut, karena justru akan memicu infeksi lanjutan. Kurangi pemakaian produk tubuh yang memicu alergi. Gunakan baju berlengan panjang dan celana panjang terlebih dahulu, agar tidak terpapar dengan gigitan serangga. Anda juga dapat menaburkan bedak salisil ke area yang gatal, atau mengonsumsi obat antihistamin yang dijual bebas.

Jika tak kunjung membaik, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengtahui penyebab pastinya. Dokter akan memeriksa secara langsung dan memberikan terapi yang sesuai untuk Anda.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penghilang bau badan alami bisa Anda peroleh antara lain dari daun sirih.

Apa Saja Penghilang Bau Badan Alami yang Bisa Bikin Harum?

Selain dengan deodoran, Anda bisa menyingkirkan aroma tak sedap dari tubuh menggunakan penghilang bau badan alami. Salah satunya adalah daun sirih.