Apa penyebab gatal di selangkangan?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 19 Tahun
dok kenapa ya selangkangan saya sering gatal2 padahal saya udh kasih minyak kayu putih dibalurin beedak saliycl dan kadang jg saya pake salep pikang suang tp kadang gatal2 itu suka nimbul lg
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gatal di daerah selangkangan merupakan hal yang umum terjadi pada setiap wanita. Rasa gatal ini sangat membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehingga harus segera diobati. Gatal di selangkangan biasanya diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris (kurap). Keadaan ini biasanya dialami oleh orang yang sering berkeringat dan memiliki berat badan berlebih. 

Ciri-ciri dari infeksi jamur di selangkangan ditandai dengan ruam yang menyebar dari selangkangan sampai ke bagian paha atas dan dalam bentuk bulan sabit, di bagian tepi ruam membengkak. Pengobatan dari gejala ini jika belum parah, dapat diberikan salep, bedak, dan semprotan antijamur yang bisa dibeli di apotek. Tetapi, jika kondisi ini sudah semakin parah, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter kulit kelamin agar dapat diperiksa langsung dan diberikan resep salep dan pil antijamur. 

Agar tidak terjadi lagi gejala ini, Anda dapat melakukan pencegahan sebagai berikut:

  • Gunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat.
  • Jaga selangkangan agar tetap kering.
  • Tidak berbagi barang pribadi dengan oarang lain.
  • Menjaga kebersihan tubuh.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah di bagian kantung pelir

Varises di Testis, Apakah Ada Obat Varikokel?

Mirip dengan varises, varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah pada skrotum yang menahan testis. Pada beberapa pria varikokel dapat menimbulkan rasa nyeri dan masalah pada kesuburan. Faktanya, tidak ada obat varikokel dan penanganan yang dilakukan umumnya adalah bedah. Kenali berbagai jenis pembedahan untuk mengatasinya.