Kenapa timbul gatal kemerahan dan bentol di tubuh?

J Info Penanya: J
Halo dok, sy sudah beberapa minggu ini muncul bentol2 merah kecil di kaki, paha, tangan, dan beberapa di badan. Awal muncul seperti bentolan gigitan nyamuk, namun semakin hari semakin memerah, gatal, tapi kelamaan menjadi kering dan menghitam. Namun, bentolan baru selalu muncul setiap hari. Itu kemungkinan dikarenakan apa ya dok? Ada 2 orang lainnya di rumah yg seperti saya. Apakah ini alergi? Mohon pencerahannya, terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang J,

Ruam kulit adalah gejala yang bisa timbul disertai rasa gatal ataupun adanya bentol atau keluhan lain seperti bintil berair, koreng, ataupun juga seperti melepuh. Kondisi ini banyak penyebabnya mulai dari reaksi alergi, biduran, infeksi kulit, peradangan kulit dan lainnya.

Pemicu alergi sendiri beragam mulai dari paparan alergen seperti debu, polusi, udara dingin, keringat, makanan atau minuman tertentu, gigitan serangga, paparan bahan kimia seperti sabun, detergen dan lainnya. Untuk itu perlu perhatikan kondisi apa yang menjadi pemicunya dan hindari.

Upayakan tidak menggaruk apabila timbul ruam agar tidak menjadi koreng dan memicu risiko infeksi yang bisa menimbulkan bekas. Jika timbul lebih banyak dan membuat bekas bisa juga terjadi karena kondisi yang disebut prurigo. Untuk itu ada baiknya memeriksakan diri pada dokter atau dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut mengenai kondisi yang dialami. Untuk sementara bisa gunakan lotion calamine dan obat antihistamin untuk meredakan gejala.

Sementara jika ada orang lain yang mengalami keluhan sama maka bisa juga disebabkan oleh pemicu lain seperti salah satunya adalah kudis atau infeksi kutu skabies yang bisa menular salah satunya dari pakaian, sprei, kasur atau dari sentuhan kulit langsung. Jadi segera periksakan ya agar dilakukan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.