Rambut gatal setelah cat rambut, kenapa?

HB Info Penanya: HB, Pria, 1 Tahun
sy habis cat rambut.tiba2 kepala gatal dan sy garuk tdk sadar timbul pedis dan berair,,keesokan harinya muka sy bengkak..mohon penjelasannya dan solusinya dok.agar tidak berdampak buruk bagi sy..please
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, HB.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Gatal adalah sensasi yang timbul di kulit dan menimbulkan refleks menggaruk. Gatal bisa disebabkan karena beberapa macam hal, di antaranya infeksi (baik bakteri ataupun jamur), alergi, ataupun peradangan yang terjadi karena kontak (dermatitis kontak)

Dermatitis kontak terbagi menjadi dua, yaitu:

  • DKA (Dermatitis Kontak Alergi), biasanya disebabkan oleh bahan-bahan yang menyebabkan sistem imun memberi respons yang tampak di kulit
  • DKI (Dermatitis Kontak Iritan). Pada kasus Anda, kemungkinan besar Anda mengalami DKI, yang biasanya disebabkan oleh bahan kimia yang secara langsung mampu merusak bagian luar. Kemungkinan besar, kulit Anda sensitif dengan salah satu bahan yang terkandung dalam cat rambut tersebut.

Dermatitis kontak memiliki gejala sebagai berikut:

  • Gatal-gatal di tempat yang terkena
  • Muncul ruam kemerahan yang bersisik atau tebal 
  • Rasa terbakar atau panas

Untuk penanganannya, pastikan Anda tidak menggunakan bahan-bahan yang memicu iritasi lagi. Lalu, jagalah kulit yang iritasi agar tetap bersih, tetap mencuci rambut dengan sampo yang biasa anda pakai dan bilas dengan air hangat. 

Sebaiknya Anda juga berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan meresepkan krim atau lotion yang bisa Anda gunakan pada kulit yang terkena, jika dibutuhkan. 

Semoga bermanfaat ya.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat saat hamil diyakini merupakan kondisi alami yang akan hilang dengan sendirinya

Jerawat saat Hamil, Apa Penyebab dan Bagaimana Solusinya?

Jerawat saat hamil adalah hal yang normal. Bahkan, 1 dari 2 wanita yang hamil bisa mengalami kulit berjerawat. Kenali apa penyebab jerawat saat hamil dan solusinya berikut ini.