Gatal pada area vagina karena apa?

RF Info Penanya: RF
Kulit di area mis v gatal di selangkangan juga ruam apa obatnya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RF,

Adanya ruam pada kulit di area vagina dan gatal di selangkangan adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya adanya infeksi kulit baik akibat jamur atau tinea, infeksi bakteri, infeksi parasit seperti kutu rambut kemaluan, reaksi alergi, ataupun juga bisa akibat adanya infeksi di vagina seperti misalnya keputihan ataupun infeksi menular seksual.

Untuk mengetahui pasti apa yang menjadi penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter atau dokter kulit dan kelamin dimana akan dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti sampel kerokan kulit, pemeriksaan dibawah lampu khusus ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan untuk mencari penyebab pasti dari keluhan yang timbul sehingga bisa dilakukan penanganan yang tepat. 

Keluhan yang dirasakan sendiri juga bisa timbul akibat dua penyebab yang terjadi bersamaan baik infeksi di vagina sendiri dan juga infeksi pada kulit sekitar selangkangan. Nantinya akan dilakukan penanganan untuk mengatasi gejala yang timbul dan juga untuk mengatasi penyebabnya.

Sementara bisa menjaga kebersihan area sekitar selangkangan dan organ kelamin dengan membasuh menggunakan air bersih dengan sabun biasa, basuh kelamin seusai buang air dan keringkan hingga benar-benar kering agar tidak lembap, hindari menggunakan salep tertentu agar tidak memperberat gejala, mengganti pakaian dengan teratur, dan juga bisa menggunakan lotion calamine diarea kulit sekitar selangkangan dan bisa mengonsumsi obat antihistamin untuk meredakan rasa gatalnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RF
25 Feb 2020, 13:13
Terimakasih dok atas saran dan jawabnya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tomcat mengeluarkan racun yang dapat membuat kulit iritasi

Langkah Pertolongan Pertama Apabila Digigit Tomcat

Tomcat menjadi populer di masyarakat karena gigitannya yang bisa menyebabkan berbagai macam reaksi. Jika terkena gigitan tomcat, ini pertolongan pertama yang perlu dilakukan.