Cara mengatasi gatal-gatal di badan

NH Info Penanya: NH
Saya 33 tahun, sudah seminggu ini gatal2 seluruh tubuh ada yang bentol2 kemerahan tapi ada yg tidak, kalau di garuk sampai kemerahan kadang sampai lecet, mohon solusi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Gatal-gatal merupakan kondisi umum yang sering terjadi di semua kalangan. Terkadang timbulnya rasa gatal, susah diketahui penyebabnya apa. Banyak mengatakan karena alergi, digigit serangga, atau karena pakaian yang kurang bersih.

Penyebab dari gatal-gatal yang umum terjadi adalah:

  • Kulit kering
  • Infeksi jamur dan bakteri seperti penyakit impetigo dan folikulitis
  • Digigit serangga
  • Eksim atau dermatitis
  • Alergi
  • Psoriasis
  • Kehamilan
  • Penggunaan obat-obatan tertentu

Ada beberapa cara untuk mengatasi gatal-gatal di tubuh yaitu jika penyebab gatal-gatal karena kulit yang kering, Anda bisa memakai pelembap ke kulit setelah mandi, konsumsi banyak cairan agar tubuh tetap terhidrasi, jangan mandi dengan air yang panas, dan gunakan sabun yang ringan di kulit. Jika penyebab gatal-gatal akibat dari alergi dan eksim, dapat diobati dengan obat antihistamin yang dapat Anda beli dengan resep dokter. Bisa juga dengan memberikan lotion untuk gatal dan bedak salicyl, mengompres dengan es batu. Lalu, jika akibat infeksi, maka dibutuhkan antibiotik untuk mengobatinya. Jika tidak ada perubahan, saya sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung sehingga Anda memperoleh terapi yang tepat.

Salam sehat,gatal

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengaplikasikan minyak kelapa untuk wajah juga bisa meninggalkan residu pada wajah

Bolehkah Minyak Kelapa untuk Wajah Jadi Pengganti Moisturizer?

Minyak kelapa untuk wajah boleh digunakan sesekali untuk melembapkan, tapi ingat risikonya: pori-pori tersumbat. Sebaiknya, gunakan minyak kelapa pada bagian tubuh yang membutuhkan kelembapan ekstra, seperti siku, tumit, dan lutut.