Gatal-gatal pada tubuh, benjolan kecil kemerahan tapi sangat gatal.

SH Info Penanya: SH, Wanita, 19 Tahun
Ingin bertanya dok,Gatal gatal pada tubuh,awalnya muncul sepeti benjolan kecil yg merah,tetapi sangat gatal,apa penyebab dan solusinya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SH.

Benjolan kecil kemerahan tersebut akibat "panas" dalam bahasa medis disebut miliaria, heat rash atau biang keringat. Panas bisa berasal dari cahaya matahari, udara panas, atau gesekan kulit dengan kulit atau pakaian. Sehingga sering terjadi pada bagian tubuh dengan lipatan seperti siku, lutut dan pangkal paha.

Penyebabnya karena kelenjar keringat di kulit mengalami sumbatan akibat produksi yang berlebihan. Sehingga menjadi benjolan kecil yang berisi air keringat. Bila bakteri masuk bisa menjadi benjolan putih. Rasanya sangat gatal untuk mengatasinya hindari cahaya matahari, berikan udara dingin pada kulit yang gatal seperti pendingin ruangan atau kipas angin. Menjaga kulit tetap kering serta mengganti pakaian yang basah dengan keringat. Setelah aktivitas di tempat panas, paparan sinar matahari atau berolahraga di tempat terbuka sebaiknya mandi menggunakan air dingin agar suhu kulit bisa berkurang.

Anda bisa menggunakan bedak atau salep untuk mengurangi gatal dan radang yang dijual bebas di pasaran. Bila keluhan tidak berkurang, sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter. Saya lampirkan artikel Hindari Gatal di Kulit, dengan Mengetahui Penyebab Keringat Buntet

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

SH
16 Oct 2019, 22:30
terimaksih dok,atas penjelasan dan solusinya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memutihkan selangkangan bisa dilakukan dengan alami maupun obat dokter

Cara Memutihkan Selangkangan dengan Bahan Alami dan Medis

Kulit di area lipatan tubuh, seperti selangkangan, seringkali tampak lebih gelap. Kondisi ini sebetulnya tidak membahayakan, tapi tetap saja mengganggu bagi sebagian orang. Jika tertarik, Anda boleh mencoba sendiri cara memutihkan selangkangan dengan bahan alami. Namun bila ingin hasil cepat, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.