Gatal-gatal menebal dan berair, bagaimana solusinya?

K Info Penanya: K
Permisi dok, saya baru berumur 18th 2bln ini saya mengalami gatal gatal pada kulit yg menebal dan ber air dok, bagaimana menyembuhkannya dok, sudah saya lakukan berbagai macam cara saya berobat ke dokter kulit tapi hasilnya tetap saja seperti ini, jika dikasih salap klorfeson krim Ruam gatal yg menebalnya semakin banyak ber air, bagaimana dok cara mengatasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K.

Gatal adalah sensasi pada kulit yang menimbulkan refleks ingin menggaruk. Gatal bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, misalnya alergi, iritasi, autoimun, maupun infeksi. Kondisi gatal yang disertai penebalan dan berair kemungkinan disebabkan karena sudah berlangsung cukup lama.

Penanganan gatal sangat bergantung kepada penyebabnya, oleh karena itu harus dipastikan dulu apa yang mendasarinya. Secara umum, kulit yang gatal sebaiknya:

  • Tidak digaruk, karena menggaruk dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan infeksi lanjutan
  • Dijaga agar tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering
  • Dijaga kebersihannya, dengan mandi dua kali sehari menggunakan sabun

Oleh karena itu, disarankan agar Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui penyebab pastinya. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gatal menebal yang berair adalah dermatitis atopi, neurodermatitis, dan psoriasis.

Apabila sudah pernah tetapi belum sembuh, maka Anda juga dapat kontrol atau mencari pendapat dari dokter kulit lainnya. Sebaiknya, hindari penggunaan salep kloferson sembarangan, karena mengandung kloramfenikol dan prednisolon yang termasuk obat keras. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi parasit, dermatitis atopik, dan kulit kering adalah penyebab gatal pada kulit lansia

Mengapa Lansia Sering Mengalami Gatal-gatal pada Kulit?

Selain perubahan kulit karena faktor usia, penyebab gatal pada kulit lansia adalah adanya infeksi parasit, dermatitis atopik, kulit kering, dan penyakit ginjal.