Apa saja penyebab gatal dan melenting?

MN Info Penanya: MN
Apa obatnya yang ampuh dan murah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MN.
Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Rasa gatal adalah suatu kondisi yang wajar dirasakan oleh semua orang, namun jika gatal diikuti dengan keadaan melenting maka hal tersebut menjadi suatu kondisi ujud kelainan pada kulit. Melenting pada kulit, dapat berisi cairan atau pun nanah. Jika gatal melenting berisi cairan, bisa terjadi karena virus seperti pada cacar dan herpes. Sedangkan rasa gatal melenting berisi yang nanah, bisa terjadi karena infeksi sekunder dari bakteri. 

Penyebab Gatal Melenting

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan rasa gatal dan melenting adalah sebagai berikut:

1. Dermatitis kontak alergi

Dermatitis kontak alergi merupakan suatu penyakit kulit yang disebabkan karena alergi terhadap satu benda/zat asing yang bisa disebut dengan alergen. Dermatitis kontak alergi, biasanya hanya terjadi pada area atau lokasi kulit yang terpapar dengan alergen tersebut, seperti jam tangan, perhiasan, sandal, wewangian, dan lain sebagainya. Selain itu, juga bisa terjadi akibat dari alergi suatu makanan atau obat.

2. Dermatitis kontak iritan

Dermatitis kontak iritan merupakan suatu penyakit kulit yang disebabkan karena paparan kulit terhadap zat-zat kimia atau zat-zat beracun seperti zat pemutih, zat-zat, pembersih (karbol), semen, dan deterjen. Hal ini biasa terjadi pada pekerja bangunan, pekerja pabrik, atau pada orang yang melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, mencuci baju dan membersihkan ruangan. 

3. Cacar air

Cacar air atau sering disebut dengan istilah varicella adalah suatu kelainan kulit yang disebabkan karena virus varicella zoster. Keluhan biasanya terjadi setelah 10-21 hari setelah terpapar oleh virus. Gejala yang muncul berupa demam, gatal yang disertai dengan melenting yang tersebar di tubuh, serta diikuti dengan nafsu makan yang menurun. Cacar dapat ditularkan melalui kontak langsung dari cairan melenting dan juga ditularkan melalui udara pada saat penderita sedang batuk atau bersin. Gejala pada cacar biasanya hilang dalam waktu 5-10 hari.

4. Herpes zooster

Herpes zoster adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air, yaitu varicella zoster. Herpes zoster umumnya terjadi pada orang yang sudah pernah terpapar virus varicella zoster sebelumnya atau sudah pernah mengalami cacar air. Pada saat mengalami cacar air dan sudah sembuh, virus varicella zoster ini tetap ada didalam tubuh kita namun dalam kondisi tidak aktif. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti virus tersebut dapat aktif kembali. Namun beberapa kemungkinan dapat terjadi akibat dari kondisi imunitas tubuh yang sedang menurun. 

Adapun beberapa tindakan yang dapat dilakukan jika gatal dan melenting adalah dengan tidak memecahkannya serta dapat menggunakan bedak salisil pada area kulit tersebut. Bedak salisil dapat ditaburkan, dan gosok perlahan pada area kulit yang melenting dan gatal, karena bedak tersebut bisa mengurangi rasa gatal juga mencegah pecahnya melenting pada kulit. Konsumsi buah yang kaya akan vitamin E seperti buah kiwi juga baik untuk kesehatan kulit.

Jika tidak sembuh, sebaiknya berobat ke dokter spesialis kulit. Dokter akan memeriksa lebih lanjut dan memberikan obat yang sesuai, misalnya golongan antivirus untuk herpes atau antibiotik jika ada infeksi sekunder, serta memberikan obat anti histamin untuk mengurangi rasa gatal. 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit yang gatal dan berbentol variasi merupakan salah satu tanda alergi dingin dan alergi udara.

Benarkah Anak Gatal dan Bentol Salah Satu Tanda Alergi Dingin?

Alergi dingin adalah kondisi terjadi akibat reaksi kulit terhadap udara dingin. Kulit terasa gatal dan timbul bentol-bentol merupakan salah satu tanda alergi dingin.