Apakah penyebab gatal yang saya rasakan?

RR Info Penanya: RR, Pria, 12 Tahun
Assalamualaikum wr wb . ma'af sudah ganggu tokter ada yg ingin saya tanyakan saya inikan punya penyakit gatal gatal apabila keringetan apa betul itu elergi ? Dan ada satu lagi yg ingin saya tanyakan obatnya apa dok terima kasih sudah membaca pertanyaan saya tolong di jawab ya dok .................
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, R

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gatal atau dalam istilah medis disebut dengan pruritus adalah suatu kondisi yang menyababkan kita ingin menggaruk. Gatal sendiri bisa timbul di sebagian tubuh, bisa juga selueruh tubuh. Rasa gatal ini bisa dirasakan oleh setiap usia mulai dari bayi sampai dengan dewasa.

Adapun penyebab dari gatal adalah sebagai berikut: 

Terkait dengan keluhan Anda, jika gatal dirasakan saat berkeringat bisa diakrenakan berbagai macam hal yang tercantum di atas. Diantaranya adalah bisa karena biang keringat, bisa juga karena infeksi jamur. Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari mengonsumsi makanan yang memicu alergi (jika terdapat riwayat alergi pada diri Anda), jaga kebersihan area tubuh dan lingkungan sekitar, gunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat, lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar. Selain itu Anda juga bisa mengoleskan bedak salisil untuk mengurangi rasa gatal.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, atau jsutru semakin parah siklakan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit terdekat untuk dilakukan pameriksaan dan penatalaksanaan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan gatal karena ulat bulu sangatlah penting untuk diketahui.

Ini Dia Cara Menghilangkan Gatal Karena Ulat Bulu Beserta Pertolongan Pertamanya

Cara menghilangkan gatal karena ulat bulu tentunya sangat penting untuk diketahui. Tidak hanya itu, membekali diri dengan pertolongan pertama saat kulit menyentuh ulat bulu juga sangat vital!