03 May 2020, 23:23Kulit & Kelamin

Apa penyebab gatal pada pangkal paha, dan bagaimana menghilangkan bekasnya?

JH
Info Penanya: JH, Pria, 1 Tahun
Selamat mlm dok.Nama saya jabahari berusia 28 tahun.Sya sering merasakan gatal gatal dibagian daerah paha, terasa gak tahan merasakan gatal lalu saya garuk ternya wktu sya garuk kulit kulit paha saya mnjadi pada terlupas lalu mnjadi hitam, rasa gatal nch bru sya alami 1 tahun kurang, sya mnta solusinya bagai mana cara mnghilngkn kulit hitam dipaha saya dok.Trima kasih. Slm jabahari.
32566 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang JHterima kasih atas pertanyaan Anda.Gatal bisa dirasakan pada seluruh area tubuh. Gatal sendiri merupakan suatu rasa yang menimbulkan reflek untuk menggaruk. Gatal yang muncul sesekali normal dirasakan setiao orang. Namun gatar yang dirasakan terus-menerus atau berangsung lama terasa tidak nyaman.

Adapun beberapa penyebab gatal adalah sebagai berikut:

  • Alergi
  • Dermatitis
  • Gigitan serangga
  • Infeksi jamur (candida, tinea, dsb)
  • Infeksi bakteri
Setelah terjadi masalah kulit yang menyebabkan peradangan, atau bahkan akrena luka akibat dari garukan sering menimbulkan bekas yang berwarna kehitaman yang dalam istlah medis disebut denagn Hiperpigmentasi pasca inflamasi (HPI). Terkait dengan keluhan Anda gatal pada pangkal paha bisa disebabkan ebebrapa hal yang paling seringa dlah karena jamur, karena alergi, atau bahkan karena gigitan serannga. Terkait dengan bekas hitam kemungkinan adalah HPI, bisa disamarkan dengan menggunakan krim/lotion yang mengandung vitamin E dan C  yang baik bagi sel kulit. Selain itu pastikan Anda menjaga kebersihan area sekitar pangkal paha, gunakan pakaian yang menyerap keringat,  tetap mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan serta cukupi kebutuhan cairan harian.Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan ke dokter spesialis kulit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksaan yang sesuai.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
gatalkesehatan kulitinfeksi jamur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil