Gatal-gatal di pangkal paha warna kehitaman, ujungnya mengelupas. Apakah penyebabnya?

YS Info Penanya: YS, Pria, 63 Tahun
Saya usia 63 tahun dan masih aktip bekerja disebuah kantor. Hasil pemeriksaan lab terakhir awal tahun ini kondisi sehat dan normal, namun ada gatal gatal disekitar pangkal paha sampai kulit berwarna kehitaman. Gatal2 tsb tidak merambat selain hanya seputar kulit pangkal paha saja selebar 3 jari. Dokter lain memberi salep yg terakhir berupa Apolar N namun hanya bisa menahan rasa gatal saja sementara kulit tetap hitam kemerahan dg ujung kulit hitam dan secara periodik mengelupas serta tetap gatal bila diusap atau digaruk. Gatal2 ini sudah berlangsung lebih dari setahun dan tidak menimbulkan luka atau gangguan fungsi2 lain kecuali tidak nyaman. Apakah ini alergi kulit saja atau bakteri atau penyakit kulit lain ya dok? Obat apa yg lebih cocok. Atas keterangan dan advisnya kami ucapkan terima kasih. Salam hormat kami. Surya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan anda mengalami infeksi jamur, dalam bahasa medis disebut tinea. Terjadinya sering di pangkal paha, sekitar kelamin, bagian dalam paha dan bokong. Biasanya pada orang yang sering berkeringat atau menggunakan pakaian dalam ketat.

Gejala umum adalah bercak merah pada kulit, kadang tampak kehitaman. Bentuk bundar dengan pinggiran merah. Terasa gatal, kulit mengelupas atau pecah-pecah. Warna kulit menjadi gelap atau terang. Dan gejala ini berlangsung lama. 

Penyebabnya jamur yang biasa hidup di kulit tanpa menimbulkan permasalahan. Namun jika sering menggunakan pakaian basah, berkeringat maka daerah tersebut menjadi lembab dan jamur berkembang biak dengan cepat. Dan kulit pun akan mengalami iritasi dan gatal. Kondisi lain yang bisa memicunya adalah kondisi panas dan lembab, kelebihan berat badan, jarang mandi, sering mengenakan pakaian yang belum dicuci, menggunakan handuk atau pakaian dengan orang lain.

Untuk mengatasinya anda sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan akan diberikan salep anti jamur. Perawatannya juga tidak singkat dan bisa memerlukan waktu berminggu-minggu sampai teratasi. Sebagai informasi tambahan anda dapat membaca artikel mengenai penyebab gatal di selangkangan dan pencegahannya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini