15 Dec 2020, 21:22Kulit & Kelamin

Apa sebab gatal di kelamin?

WM
Info Penanya: WM0
Dok kelamin saya gatal berlebih itu karna apa ya dok? Dan cara mengatasi nya bagaimana?
304 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo W,
Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh banyak faktor. gejala bisa disertai dengan rasa panas, nyeri maupun timbul ruam-ruam merah tergantung pada penyebabnya.Anda mungkin juga memiliki keluhan lain seperti muncul keputihan, bengkak pada bibir kemaluan atau kulit sekitar kelamin, kemerahan pada selangkangan, nyeri saat berhubungan seksual, nyeri saat buang air kecing, bahkan hingga demam.
 
Vagina gatal dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, inveksi virus, penyakit menular seksual, iritasi, dan menopause.Pengobatan dari keluhan ini, tergantung pada penyebab dari gatalnya, sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut agar dapat diobati dengan baik. Infeksi bakteri memerlukan obat antibiotik, sedangkan infeksi jamur membutuhkan antijamur. Jika tidak diobati penyebabnya, keluhan akan tetap terus ada dan tidak sembuh-sembuh bahkan dapat makin parah.
Sementara jika ingin menahan gatalnya, Anda dapat mengkonsumsi obat chlorpheniramin dan selalu menjaga kebersihan alat kewanitaan. Sering ganti pakaian dalam Anda dan jaga agar kondisi alat kelamin tidak lembab. Hindari penggunaan sabun kewanitaan dan pentiliner agar tidak menyebabkan iritasi lebih lanjut.
 
Salam sehatdr.Evelin Kwandang 
infeksi bakteripenyakit kelamininfeksi jamur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil