Gatal-gatal di kaki dan ada cairannya. Apa penyebabnya?

SH Info Penanya: SH, Pria, 25 Tahun
Dok iam so sick, gatal-gatal di kaki dok, terus ada cairannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SH

Penyebab gatal pada kaki bervariasi, bisa berupa suatu reaksi alergi yang mengakibatkan gatal dan ruam berisi cairan atau bisa juga karena infeksi yang memberi gejala gatal dan ruam berisi cairan juga. 

Yang paling sering adalah alergi, akibat suatu kontak dengan bahan tertentu. Disebut juga sebagai dermatitis kontak. Kulit bisa menjadi kering, perih, biduran atau melepuh. Bisa juga akibat peradangan kulit yang disebut eksim. Gejalanya berupa kulit bersisik serta cairan bening pada kulit yang sedikit melepuh.

Infeksi akibat gigitan serangga atau akibat bakteri/virus juga bisa mengakibatkan ruam berisi cairan. Kulit bisa kemerahan, bersisik dan timbul bentol berisi cairan. Misalnya akibat serangga bisa timbul kudis. Hindari menggaruk karena akan menambah radang pada kulit. Cara mengatasinya tergantung dari penyebabnya, sehingga ada baiknya anda konsultasi langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kaki kram saat tidur merupakan hal yang tidak nyaman dan dapat mengganggu kualitas tidur

Sering Alami Kaki Kram Saat Tidur, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Terbangun tidur di malam hari akibat kaki kram tentu merupakan hal yang tidak nyaman. Sebenarnya, apa penyebab kaki kram saat tidur? Adakah cara untuk mengatasinya?