Gatal-gatal di bagian kepala seperti kulit kering

RD Info Penanya: RD, Pria, 24 Tahun
Assalamualaikum.wr.wbDok, saya mau tanya. Adik saya suka gatal2 di bagian kepalanya dok. Seperti kulit kering gitu dok. Dan tersebar hampir diseluruh bagian kepala dan kadang berwarna merah dan sangat gatal. Kalau digaruk seperti kulit ketombe yg terkelupas.Kira2 ada salep atau obat untuk masalah tersebut dok? Mohon informasinya dok. Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RD,

Keluhan pada kulit kepala adik Anda bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti diantaranya:

  • Ketombe atau kondisi kulit kepala yang mengelupas seperti serpihan dapat dipicu karena kulit kepala berminyak, iritasi, penggunaan sampo yang tidak sesuai, jarang keramas, dan penyebab lain
  • Kulit kepala kering
  • Infeksi jamur kepala atau tinea kapitis
  • Penyakit autoimun seperti psoriasis yang bisa menimbulkan penumpukan sel-sel kulit kering dan gatal sehingga bisa memberikan gambaran batasan kemerahan pada kulit yang berambut dan yang tidak
  • Kutu rambut

Untuk mengatasinya perlu dilakukan perawatan kulit kepala dengan rutin mencuci rambut secara berkala, pilih sampo yang tepat seperti memiliki kandungan zinc, tar, asam salisilat atau selenium sulfida ataupun sampo anti jamur jika penyebabnya jamur. Keringkan rambut sampai bersih setelah keramas, hindari penggunaan topi atau penutup kepala dalam waktu lama. Jika mengenakan hijab pilih bahan hijab yang mampu menyerap keringat dan memungkinkan rambut dan kulit bernapas.

Jika masih kesulitan periksakan adik Anda pada dokter kulit agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan baik dengan pemberian obat oles, sampo ataupun obat minum sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hair tonic dapat menyehatkan rambut serta menjaga akar rambut agar tetap kuat dan tidak mudah rontok

Hair Tonic Ampuh Atasi Rambut Rontok

Hair tonic adalah kombinasi alkohol, minyak, dan parfum, yang digunakan untuk perawatan rambut. Hair tonic mengandung Vitamin E, Etanol, Vitamin B2, Menthol, Propilen glikol, Asam laktat, Hidroklorida, Giberelin, Parfum, Air, dan Minyak yang bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan menjaga akar rambut tetap kuat agar tidak mudah rontok.