Gatal dan merah di wajah, apa solusinya?

CA Info Penanya: CA, Wanita, 16 Tahun
Dok jadi daya mau nanya ini muka saya pipi kanan kiri ada semacem bintik merah dan kalo dipegang kasar dan rata dengan wajah tapi merah besarnya sebentol nyamuk dok rasanya gatal sekali saya sudah hampir 1 bulan dok gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CA.

Gatal adalah sensasi tidak nyaman yang dirasakan pada kulit, dan membuat refleks ingin menggaruk. Gatal bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Biasanya, gatal akan disertai dengan gejala lainnya, seperti ruam merah, kulit bersisik, bengkak, atau panas.

Terkait keluhan yang Anda sampaikan, penyebab gatal disertai ruam merah di wajah bisa bervariasi. Misalnya, jerawat, dermatitis atopi, dermatitis kontak alergi (karena kosmetik atau produk perawatan kulit), maupun infeksi jamur.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari gatal tersebut, Anda juga dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan terapi yang sesuai dengan penyebab gatal Anda.

Untuk sementara, Anda dapat melakukan hal-hal berikut di rumah:

  • Hindari menggaruk area yang gatal karena memicu infeksi lainnya
  • Kompres area yang gatal dengan handuk dingin 
  • Rutin mencuci dan menjaga kebersihan muka 
  • Menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang rendah bahan kimia, lebih baik jika organik
  • Jika tidak tahan akan gatalnya, bisa mengonsumsi antihistamin yang dijual bebas sesuai dosis

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan karena dapat mengurangi khasiat masing-masing zat aktifnya

Wajib Tahu, Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Digunakan Bersamaan

Ada berbagai kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan karena dapat mengurangi khasiat masing-masing zat aktifnya. Misalnya, retinol dan AHA/BHA atau retinol dengan benzoil peroksida. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada juga beberapa kandungan skincare yang boleh digunakan bersamaan