gatal ditangan dan kaki bengkak berair

A Info Penanya: A, Pria, 46 Tahun
Sy ingin tanya dok...Kenapa gatal2 di kaki maupun di tangan gak sembuh, gatal seperti digigit serangga bengkak lalu berair, kalau airnya nya pecah semakin gatalMakasih mohon bantuannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A

Gatal di tangan dan kaki dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti kudis atau infeksi jamur, skabies dan peradangan dermatitis akibat reaksi alergi.

Jika terdapat kudis atau infeksi jamur, biasanya gatal disertai bentol kemerahan yang semakin di garuk akan semakin gatal, gatal juga memberat saat berkeringat dan malam hari, Untuk tatalaksana biasanya diberikan obat salep antijamur seperti ketokonazol, untuk rasa gatal dapat diberikan antihistamin. 

Gatal juga terjadi akibat tungau skabies, gatal terjadi disertai bruntus cairan kuning dan keropen di tangan dan kaki, memberat saat malam hari. Untuk skabies biasanya dapat diberikan skabimit dengan mengoleskan ke seluruh tubuh. 

Selain itu gatal pada kaki dan tangan dapat terjadi akibat reaksi alergi dermatitis, kondisi ini akibat paparan atau kontak dengan alergen. untuk menghilangkan reaksi ini anda harus menghindari barang atau benda yang memicu reaksi. 

Saya sarankan agar anda menjaga kebersihan tubuh dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk memastikan diagnosis dan tatalaksana penyebab gatal.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi endogenus pada reproduksi wanita bisa dicegah dengan menghindari penggunaan antibiotik

Benarkah Infeksi Endogenus Banyak Dialami Wanita?

Infeksi endogenus adalah infeksi saluran reproduksi. Kondisi itu terjadi ketika terdapat pertumbuhan organisme pemicu infeksi secara berlebihan pada saluran reproduksi. Infeksi saluran reproduksi dibagi menjadi tiga, yaitu infeksi menular seksual, infeksi endogenus, dan infeksi iatrogenik. Infeksi endogenus menjadi infeksi yang banyak terjadi di dunia.