Gatal diselangkangan dan pantat

YS Info Penanya: YS, Pria
Dok mau tanya..saya gatal2 dibagian selangkangan dan pantat .itu gara2 keringat sama makanan seperti telur suka gatal lagi..Saya beli ke apotik obat..dan saya dikasih obat pritacort tabet sama picacetine cetirizine apa bagus buat mengilangkan gatal2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi YS!

Gatal adalah suatu respon yang dihasilkan oleh tubuh ketika ada suatu proses peradangan pada tubuh.

Gatal pada bagian selangkangan dan pantat, dapat disebabkan oleh keadaan alergi atau infeksi jamur yang paling sering. Ciri-ciri gatal oleh infeksi jamur adalah disertai dengan adanya luka, luka disini biasanya berbentuk bulat dengan bagian kemerahan di pinggirnya dan putih ditengah. Hal ini terjadi karena hygiene yang kurang baik, seperti jarang mengganti celana dalam, jarang membersihkan penis saat buang air kecil.

Untuk memastikan dengan benar apakah suatu alergi atau bukan, saya sarankan untuk datang langsung ke dokter supaya dapat diperiksa dengan benar.

Cetrizine adalah obat golongan anti histamin. Obat ini memang dapat membantu mengurangi keluhan gatal yang dirasakan, namun apabila penyebabnya infeksi, obat ini tidak dapat menyembuhkan.

Begitu pula dengan pritacort, merupaka golongan kortikosteroid. Saya tidak sarankan apabila belum diperiksa secara langsung karena dapat memperparah keluhan jika dipakai tidak sesuai indikasi dan asal-asalan.

Untuk pencegahan gatal dikemudian hari saya sarankan untuk selalu jaga hygienitas bagian selangkangan Anda, selalu ganti pakaian dalam yang bersih dan kering, dan tidak berbagi alat pribadi dengan yang lain.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisul di kemaluan pria tidak berbahaya, namun bisa menjadi indikasi dari infeksi jamur atau penyakit menular seksual

Ternyata Ini Penyebab-penyebab Bisul di Kemaluan Pria

Bisul dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk di penis. Bisul di kemaluan pria umumnya tidak berbahaya, dan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu. Tetapi bisul juga bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur atau penyakit menular seksual.