Gatal disekitar anus,seperti ada daging tumbuh tp tidak keras

D Info Penanya: D
Sy hamil 30week dok, sdh 2 hari ini sekitar *maaf dubur gatal dan menjadi tumbuh spt daging tp kenyal tdk keras itu apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Anus gatal adalah keluhan yang tidak menyenangkan, dimana bisa membuat rasa tidak nyaman dan juga bisa membuat tidak percaya diri terutama jika sampai perlu menggaruk-garuk saat beraktivitas. Anus yang gatal sendiri bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Wasir atau ambeien
  • Infeksi kulit akibat bakteri seperti bisul, abses atau fistula ani
  • Infeksi virus seperti kutil
  • Infeksi parasit seperti kudis, infeksi kecacingan seperti cacing kremi
  • Peradangan kulit akibat alergi 
  • Infeksi jamur kulit
  • Penyebab lain 

Untuk itu jika anus gatal dan terdapat benjolan seperti daging, sebaiknya bisa dipastikan apa penyebabnya. Nantinya penangananya akan disesuaikan dengan penyebab yang timbul. Sementara bisa coba mengurangi gatal dengan minum obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat, kompres bagian yang gatal dengan air hangat, hindari menggaruk agar tidak terjadi iritasi atau infeksi.

Upayakan juga mengganti pakaian dan pakaian dalam lebih sering terutama jika sering beraktivitas ataupun berkeringat agar menghindari kulit terlalu lembap. Periksakan diri pada dokter jika keluhan tidak membaik atau jika timbul gejala lain seperti nyeri anus, bab berdarah ataupun rasa tidak nyaman dan terdapat nanah di anus. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat koreng bisa digunakan agar proses penyembuhan luka dapat berlangsung cepat

Obat Koreng yang Bisa Digunakan Agar Luka Lebih Cepat Sembuh

Obat koreng bisa digunakan agar proses penyembuhan luka dapat berlangsung cepat. Untuk jenis luka yang masih tergolong ringan, Anda dapat mengobatinya menggunakan obat koreng yang tersedia dalam kotak P3K di rumah. Apa saja obat koreng yang bisa digunakan?