Gatal diperut kemerahan dan perih?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 2019 Tahun
" Dokter saya ingin bertanya apa penyebab rasa gatal diperut shingga ada kemerahan dan perih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Ruam kemerahan yang disertai gatal dan terasa perih. Dari deskripsinya sepertinya infeksi herpes zoster. Apakah ruam kemerahannya timbul satu garis, adakah ruam yang menimbul berisi cairan seperti cacar. Bila iya kemungkinannya karena infeksi virus varicella. Biasanya mengenai seseorang yang sebelumnya sudah pernah kena cacar air. Untuk infeksi yang berikutnya biasanya hanya satu garis mengikuti jaringan saraf (dermatome) yang terkena.

Infeksi seperti ini akan sembuh dengan sendirinya karena disebabkan virus. Tapi bagi orang lain yang daya tahan tubuhnya sedang turun atau sedang tidak fit beresiko tertular juga. Bila belum pernah kena cacar air bisa dalam bentuk cacar air di seluruh tubuh. Zoster akan berhenti menular setelah ruam kemerahan mengering, biasanya setelah beberapa hari. Karena gangguannya di saraf bukan di kulitnya itu sendiri maka anda harus menjaga agar tidak menggaruknya. Karena bila terjadi luka malah akan berpotensi infeksi sekunder dan meninggalkan bekas.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit sensitif adalah gangguan kulit yang mudah didiagnosis oleh dokter dan dapat dilakukan perawatan

4 Penyakit Kulit pada Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Ternyata, ada sejumlah penyakit kulit yang biasa dialami pemilik kulit sensitif. Setiap jenis penyakit kulit tersebut membutuhkan langkah perawatan tersendiri. Mulai dari kulit kering, hingga photodermatoses.