Pembuluh darah yang terlihat di kulit, kenapa bisa timbul ya?

K Info Penanya: K
Halo dok,umur saya masih 15 tahunan,tapi dibagian paha bagian belakang ada pembuluh darah yang ditimbul,awalnya dikulit itu gatal lalu setelah saya garuk,malah pembuluh darahnya timbul,itu kenapa ya? Disebabkan oleh apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K.

Pembuluh darah adalah organ yang sangat penting bagi tubuh manusia. Melalui pembuluh tersebut, darah akan terdistribusi ke seluruh tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki. Pembuluh darah yang terletak lebih dalam disebut pembuluh arteri, yang membawa darah bersih dan kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Selain arteri, ada juga pembuluh vena, yang terletak lebih luar dan membawa darah kembali ke jantung.

Pada beberapa kondisi tertentu, pembuluh vena akan terlihat dari kulit dengan warna kebiruan. Kondisi tersebut bisa saja normal, yang terjadi kepada orang yang memiliki kulit putih, orang yang bertubuh kurus, atau lansia yang kulitnya sudah menipis. Selain itu, kondisi kehamilan atau setelah olahraga juga bisa membuat pembuluh vena lebih terlihat.

Tetapi, ada juga beberapa kondisi tidak normal, seperti varises. Kondisi ini terjadi karena adanya gangguan aliran darah, sehingga terjadi pembengkakan. Varises biasanya tanpa gejala, tapi ada juga orang-orang yang merasa nyeri pada bagian yang terkena.

Jika Anda tidak mengalami gejala apapun, ada baiknya untuk memantau dulu kondisi Anda. Jangan lupa minum air putih yang cukup dan berolahraga secara rutin agar aliran darah tetap lancar. Tetapi, jika Anda penasaran, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk memastikan apakah kondisi Anda normal atau tidak.

Terima kasih, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara mencegah varises yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan stoking kompresi

Hindari Varises Melalui Langkah-langkah Pencegahan Ini

Varises merupakan kondisi pelebaran dan pembengkakan pada pembuluh darah vena akibat kelemahan pada katup vena. Beberapa cara mencegah varises dapat dilakukan dengan menghindari duduk atau berdiri dalam waktu lama, olahraga, dan menggunakan stoking kompresi dapat membantu mengurangi gejala varises.