Gatal dibagian tangan dan bahu, timbul bercak putih. Apa penyebabnya?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 22 Tahun
Hallo dok, aku kadang tiap malem dibagian tangan sama bahu selalu gatal tapi cuma malam aja gatalnya padahal gaada aktifitas cuma dirumah aja, selalu timbul bercak" putih, kalo digaruk makin lebar akhirnya cuma pakai ke kamar mandi siram air aja alhamdulillah hilang, itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NHH

Ada beberapa kemungkinan yang bisa anda alami yaitu gangguan kulit akibat jamur atau milia. Milia adalah bentol kecil berisi cairan pada permukaan kulit. Akibat sel keratin terperangkap di bawah kulit atau bisa juga akibat peradangan kulit setelah suatu tindakan perawatan kulit/efek samping obat tertentu.

Sedangkan infeksi dari jamur yang tumbuh di permukaan kulit yang tumbuh diluar kendali. Sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering, pecah-pecah dan terasa gatal. Terutama bila sebelumnya terpapar matahari dan berada dalam lingkungan lembab.

Sementara anda bisa menggunakan salep/bedak anti gatal yang dijual bebas tanpa resep dokter. Bila keluhan berlanjut, anda perlu konsultasi langsung dengan Dokter karena terapi masing-masing kondisi ada yang bertolak belakang.

Lebih jelasnya bisa dibaca di https://www.sehatq.com/penyakit/tinea-korporis

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hipopigmentasi adalah kondisi kulit di mana kulit berwarna lebih terang sebagian

Penyebab Hipopigmentasi, Warna Kulit Lebih Terang dari Sekitarnya

Hipopigmentasi adalah kondisi kulit di mana beberapa bagian berwarna lebih terang dibandingkan area sekitarnya. Melanin adalah substansi yang bertanggung jawab terhadap produksi pigmen. Jika melanin kurang, warna kulit bisa menjadi lebih terang. Hipopigmentasi dapat terjadi di seluruh bagian tubuh.