Gatal di tumit menyebar dan berair

K Info Penanya: K, Wanita, 24 Tahun
Gatal di tumit entah karena sepatu atau apa, semakin menyebar dan berair awalnya. obatnya apa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore K,

Keluhan pada kulit kaki dapatt timbul karena sejumlah penyebab seperti:

  • Kulit kering yang terinfeksi
  • Infeksi jamur kaki atau tinea pedis
  • Peradangan kulit
  • Kebiasaan aktivitas tanpa alas kaki atau kaki yang sering basah
  • Suhu udara

Untuk memastikan kondisi kaki Anda, periksakan langsung pada dokter atau dokter kulit. Nantinya akan dilakukan pengobatan sesuai penyebabnya baik obat minum ataupun obat olesdan juga dilakukan perawatan luka untuk mengatasi keluhan yang timbul.

Perlu juga menjaga kebersihan kaki dan menjaga agar kaki bersih dan kering. Gunakan alas kaki yang nyaman dan bersih, hindari menggunakan alas kaki dalam keadaan lembap atau terlalu sempit karena bisa memicu timbulnya infeksi.

Jangan menggaruk atau menguliti kulit yang terkelupas karena bisa memicu iritasi dan infeksi bakteri. Gunakan kaos kaki apabila menggunakan sepatu dan ganti secara rutin, keringkan kaki segera setelah kontak dengan air. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal selangkangan atau jock itch dapat diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris

Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Gatal selangkangan biasanya disebabkan oleh kutu kemaluan dan infeksi jamur cruris. Infeksi jamur cruris tidak hanya dapat terjadi pada selangkangan saja, tetapi bisa juga pada daerah paha dalam dan pantat. Ciri-ciri gatal selangkangan dapat dilihat dari kulit pada selangkangan akan berwarna kemerahan serta pecah-pecah atau mengelupas.