Gatal-gatal yang tidak kunjung sembuh, bagaimana solusinya ?

HR Info Penanya: HR
Selamat pagi dok, saya ingin bertanya, daya sudah mengalami gatal gatal pada tubuh saya sekitar 5 bulanan, saya sudah coba untuk memakai salep dan meminum obat, tapi rasa gatal itu tidak kunjung sembuh dok, bahkan saat ini banyak luka akibat garukan karna gatal dok, bagaimana ya dok solusinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, HRW.

Gatal-gatal merupakan sensasi minimal dari nyeri yang dirasakan pada kulit ketika ada gangguan tertentu. Gangguan tersebut dapat berupa iritasi, alergi, infeksi, peradangan hingga penyakit autoimun.

Adapun berbagai kondisi medis yang dapat menimbulkan keluhan gatal pada kulit, diantaranya adalah :

Keluhan gatal-gatal yang tidak kunjung sembuh pada Anda perlu diperiksa untuk dipastikan penyebabnya. Kelainan kulit perlu untuk diidentifikasi dan diperiksa secara langsung oleh dokter karena sangat beragam dan setiap bentuk dari ruam dapat berbeda faktor penyebabnya. Selain kemungkinan yang telah dipaparkan di atas pun masih terdapat banyak kondisi medis lainnya yang dapat menimbulkan gejala gatal pada kulit yang bersifat kronis.

Sementara ini, Anda dapat menggunakan lotion calamine dan mengonsumsi obat antihistamin golongan biru yang dijual bebas di apotek untuk membantu mengatasi keluhan gatal. Anda pun dapat mandi dengan air yang diberi campuran baking soda terlebih dahulu. Jika keluhan semakin memburuk disertai ruam yang menyebar, segeralah memeriksakan diri ke dokter Spesialis Kulit.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.