Gatal di sertai demam, bagaimana mengobatinya ?

RE Info Penanya: RE
Selamat malam dok.. Saya merasa gatal pada bagian kulit saya di sertai demam.. Bagaimana cara mengurangi gatal dan mengobatinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RE.

Gatal pada kulit adalah sensasi minimal dari rasa nyeri yang terjadi ketika terdapat hal yang tidak benar baik dari bagian dalam kulit maupun respon kulit saat menerima rangsangan tertentu dari lingkungan luar, serta gangguan pada organ yang menimbulkan gejala pada kulit. Umumnya faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab adalah infeksi, iritasi, radang, alergi dan gangguan autoimun.

Terkait dengan keluhan gatal Anda yang disertai keluhan demam, perlu terlebih dahulu diketahui jenis penyebab gangguan yang terjadi. Lokasi bagian tubuh yang gatal serta ada atau tidaknya ruam pada kulit, dapat menjadi petunjuk untuk mengetahui penyebab keluhan dan menegakan diagnosis dari keluhan tersebut. Karena hal ini yang kemudian menjadi acuan untuk memberikan terapi dan pengobatan yang tepat.

Maka untuk memastikan Anda perlu memeriksakan keluhan yang Anda alami ke dokter terdekat atau langsung kepada dokter Spesialis Kulit

Untuk sementara, Anda dapat menggunakan bedak salisil jika keluhan gatal pada tubuh disertai ruam berbentuk bentol-bentol seperti biduran, atau jika terdapat ruam bintik berisi cairan, Anda dapat mengolesakan bedak pada permukaan bintik0bintik tersebut agar terhindar dari gesekan yang dapat membuat bintik-bintik tersebut pecah dan menyebar. Anda juga dapat mandi menggunakan air yang telah dicampur dengan baking soda untuk membantu mengurangi keluhan gatal. Apabila suhu badan ketika demam melebihi 38 derajat celcius, Anda dapat mengonsumsi obat pereda demam golongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit kepala gatal dapat dipicu oleh baragam hal, termasuk ketombe dan kutu

Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Bahan Alami untuk Mengatasinya

Kulit kepala gatal tentu menyebabkan rasa tak nyaman. Berbagai faktor bisa menjadi penyebabnya. Namun jangan cemas, ada sejumlah cara alami untuk mengatasinya.