Gatal di selangkangan

A Info Penanya: A, Pria, 2019 Tahun
Dok Saya mau Tanya, daerah selangkangan Saya gatal Dan berbekas, gatalnya itu pake banget, semakin digaruk semakin gatal, yang saya lakukan hanya mengelusnya, Saya udah coba pake salep eksim Karena Saya coba" browsing penyakit tsb Saya rasa yg paling persis ya eksim, lalu rasa gatal itu hilang, selang 2 harian muncul lagi dengan rasa yang lebih menjengkelkan, sebenernya penyakit apa Ini? Dan Cara mengatasinya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

 

Gatal diselangkangan paling sering disebabkan oleh jamur. Proses peradangan yang disebabkan oleh jamur dapat menyebabkan gatal. Tumbuhnya jamur dapat terjadi pada kondisi higenitas yang kurang bersih, lembab ataupun pada kelainan sistemik imunitas metabolik yang turun.

Gatal yang timbul akan semakin memberat jika digaruk serta paling sering saat berkeringat, selama selangkangan yang lembab, saat panas atau saat malam hari.

Disarankan bagi anda untuk menjaga kebersihan selangkangan, mengganti celana dalam jika lembab, menghindari aktifitas yang menyebabkan berkeringat untuk sementara waktu.

Untuk terapi dapat secara topikal penggunaan salep atau krim anti jamur, pemberian obat topikal dioleskan secara tipis hingga ke kulit yang masih sehat untuk mencegah penyebaran jamur. 

Hati hati pada penggunaan obat topikal yang sembarangan dibeli karena dapat mengandung obat tertentu yang mungkin menyebabkan pertumbuhan jamur semakin luas.

Disarankan bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK).

 

Salam Sehat 

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal di kemaluan pria dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi tertentu

7 Penyebab Penis Gatal dan Ketahui Cara Mengatasinya

Gatal di kemaluan pria dapat disebabkan oleh infeksi jamur, penyakit kulit, atau infeksi menular seksual. Untuk mencegahnya, bersihkan penis dengan baik hingga hindari hubungan seksual yang tidak aman.