Gatal di leher bayi karena apa?

DY Info Penanya: DY, Wanita, 27 Tahun
Halo dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DY,

Gatal di leher bayi adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti misalnya reaksi alergi, biang keringat atau miliaria, infeksi kulit, alergi susu atau protein sapi, kulit kering dan penyebab lain yang memicu timbulnya ruam kulit.

Ruam kulit kemerahan sendiri bisa disertai rasa gatal dan juga apabila digaruk bisa memicu kemungkinan terjadinya iritasi dan infeksi, oleh sebab itu upayakan agar bayi tidak menggaruk bagian kulit bayi yang mengalami ruam tersebut. 

Perhatikan kondisi apa yang menjadi pemicunya sehingga bisa mencegah timbulnya ruam kulit tersebut. Untuk sementara bisa upayakan agar bayi berada di ruangan yang sejuk, bisa menggunakan penyejuk udara, gunakan pakaian yang tidak gerah dan menyerap keringat, rutin mengganti pakaian dan bisa gunakan salep untuk mencegah ruam dan bisa gunakan pelembap kulit jika kulit kering. Bisa juga gunakan lotion calamine khusus untuk bayi guna meredakan gatal.

Jika ruam tidak hilang dalam 1 minggu dan ruam semakin bertambah maka perlu memeriksakan anak pada dokter anak agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kenali penyebab dan cara mengobati jerawat di alis agar penampilan tetap prima

Ini Penyebab Jerawat di Alis dan Cara Mengobatinya

Meski letaknya tidak terlihat, jerawat di alis bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Apa penyebab jerawat di alis dan bagaimana cara mengobatinya? Kenali penyebab dan cara mengobati jerawat di alis agar penampilan Anda tetap prima.