Gatal di Kulit yang Tak Kunjung Sembuh Selama Dua Tahun

OS Info Penanya: OS, Pria, 20 Tahun
Dok mau tanya gatal di kulit saya udah hampir 2 tahun tidak hilang, sesudah diobati dengan salep, menjadi sembuh tapi bila tidak diolesi lagi maka gatal akan timbul kembali. Warna kulit tempat gatal ini kehitaman. Bagaimana cara agar penyakit ini sembuh total? Tolong bantu saya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang Bapak OS,

Penyakit kulit yang diobati dalam waktu lama dengan salep yang mengandung Kortokosteroid, memang akan menyebabkan perubahan warna pada kulit menjadi kehitaman atau hiperpigmentasi.

Sebaiknya Bapak mengunjungi Dokter Umum atau Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut, supaya penyakit dapat ditentukan dan pengobatan dapat dilakukan sampai tuntas. Tidak dianjurkan untuk membeli dan menggunakan obat-obatan apapun tanpa instruksi dari Dokter.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cacar air dewasa muncul berawal dari bintik merah di wajah dan dada.

Cacar Air Dewasa Bisa Lebih Berbahaya, Ini Sebabnya

Cacar air identik sebagai penyakit yang kerap dialami anak-anak. Namun, orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan tidak menerima vaksin berpotensi untuk mengalaminya. Gejala cacar air dewasa berbeda dengan cacar air anak-anak. Biasanya, demam tinggi disertai nyeri dan sakit kepala akan muncul satu atau dua hari sebelum ruam merah timbul. Selain itu, nafsu makan akan menurun dan tubuh terasa lemas. Cacar air dewasa juga berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, seperti infeksi kulit