Gatal bersisik, apakah psoriasis?

SP Info Penanya: SP, Wanita, 2020 Tahun
Selamat siang dok, saya mau bertanya dikulit kepala saya dan di lutut saya ada warna putih melingkar dan kadang bersisik kadang gatal dan perih apa itu janur atau psioriasis ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SP.

Psoriasis adalah salah satu kelainan kulit yang bersifat kronik, yang memiliki ciri-ciri bersisik, berkerak, dan berwarna kemerahan. Ruam tersebut bisa disertai gatal ataupun nyeri, dan bisa berdarah jika tergores atau mengalami luka. Psoriasis paling sering terjadi pada kepala, siku, punggung, dan lutut. 

Psoriasis terjadi karena reaksi gangguan sistem kekebalan tubuh yang memengaruhi waktu regenerasi sel kulit. Normalnya, sel kulit mati akan digantikan oleh sel baru dalam waktu 3-4 minggu. Tetapi, pada kondisi psoriasis, seseorang akan mengalami pergantian sel kulit hanya dalam sekitar 7 hari.

Ada beberapa ruam lain yang mirip dengan psoriasis, misalnya dermatitis seboroik, pitiriasis rosea, ataupun infeksi jamur jenis tertentu. Untuk mengetahui kondisi Anda adalah psoriasis atau bukan, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penyebab pastinya. Apabila benar psoriasis, maka akan diberikan salep dan obat minum, serta fototerapi jika diperlukan.

Perlu diingat, karena penyebabnya adalah gangguan sistem kekebalan tubuh, psoriasis hanya bisa dikontrol dan tidak bisa sembuh total. Oleh karena itu, selalu jaga kondisi kulit agar tidak kering dengan menggunakan lotion atau berada di ruangan dengan air humidifier. Hindari juga menggaruk ruam, karena akan berpotensi memicu infeksi sekunder. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)