Bentol-bentol di kaki, lutut, dan paha

IJ Info Penanya: IJ, Wanita, 31 Tahun
Malam dok maaf saya mau tanya..saya sering sekali tiba2 gatel2 di kaki,lutut n paha secara tiba2 dam tanoa di garuk pun tiba2 bentol2 dan gatelnya gak tertahan saking gatelnya.minta solusinya dok??Harus pakai obat apa??saya sudah coba pakai bedak n balsem tetep gak ngaruh gatalnya gak hilang2..saya harus gmn ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IJ.

Bentol-bentol yang terasa gatal pada tungkai (paha, lutut, dan kaki) bisa disebabkan oleh beberapa penyakit, misalnya dermatitis kontak, urtikaria, maupun gigitan serangga. Pengobatannya harus disesuaikan dengan penyebab, tidak bisa menggunakan obat sembarangan, termasuk balsem.

Untuk sementara, coba lakukan beberapa hal berikut untuk mengurangi rasa gatal:

  • Menjaga tungkai agar tidak lembab
  • Menghindari penggunaan celana panjang yang ketat
  • Menghindari makanan yang menjadi pemicu alergi, apabila memiliki riwayat alergi
  • Menjaga kebersihan kasur dengan rutin mengganti sprei
  • Apabila gatal tak tertahankan, dapat mengonsumsi obat antihistamin sesuai dosis yang dijual bebas, seperti chlorpheniramine maleate. Obat ini bukan untuk mengobati penyebabnya, tetapi dapat berfungsi meredakan gatal.

Apabila dengan cara-cara di atas tidak ada perubahan selama satu minggu ke depan, sebaiknya Anda dapat melakukan pemeriksaan secara langsung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Hasil pemeriksaan akan dievaluasi oleh dokter yang bersangkutan, lalu diberikan penanganan yang tepat dan sesuai bagi penyebab penyakit Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.