gatal di kemaluan, mengeluarkan cairan berlebih dan bau

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya mengapa daerah kemaluan saya gatal gatal disertai benjolan kecil dan mengeluarkan cairan yang berlebih dan bau, padahal saya belum pernah berhubungan seksual.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam PB

Pengeluaran cairan berlebih, bau dan gatal pada kelamin dapat terjadi pada infeksi pada alat kelamin baik akibat bakter, jamur dan parasit. Jika tidak ada riwayat kontak seksual makan hal ini disebabkan oleh bakterial vaginosis (BV), hal ini terjadi sebagai efek hilangnya flora normal disekitar kelamin digantikan bakteri anaerob. Pencetus nya dapat stress, gangguan hormonal, kurang menjaga kebersihan kelamin, penggunaan antibiotik tertentu dan penggunaan obat cebok vagina.

Saya sarankan agar anda membersihkan vagina dengan air, hindari penggunaan sabun cebok vagina, jangan menggunakan celana terlalu ketat, jika lembab segera ganti celana dalam. Anda sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter sp.OG untuk mendapatkan tatalaksana lanjutan antibiotik  yang tepat. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur dan infeksi bakteri pada vagina dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat menganggu

Vagina Gatal? 7 Hal Ini Jadi Penyebabnya!

Vagina gatal adalah salah satu masalah umum yang terjadi pada wanita. Gatal pada vagina bisa disebabkan oleh infeksi jamur dan infeksi bakteri. Gejala infeksi jamur atau bakteri pada vagina yaitu rasa gatal, keputihan abnormal, sensasi panas atau terbakar, hingga iritasi kulit vagina.