27 Dec 2020, 20:47Kulit & Kelamin

Penyebab kulit kantung zakar menebal dan gatal

CL
Info Penanya: CL0
Maaf saya mau tanya knapa di bagian kantong kelamin saya kulitnya tebal,terasa bersisik dan sangat gatal sekali,dan bnyk salep yg saya udah gunakan tetapi hanya smbuh smentara dan setelah gk pake lgi dia kambuh lagi.mohon petunjuknya dok
3156 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, C.Organ intim merupakan organ yang sangat sensitif karena memiliki banyak saraf dan aliran darah. Saat ada bakteri, kuman, virus, ataupun jamur yang datang, maka tubuh akan berusaha melawannya. Imun tubuh yang tidak optimal, membuat risiko infeksi semakin besar, terlebih jika kesehatan organ intim tidak dijaga dengan baik.

Penyebab kulit kantung zakar menebal dan terasa sangat gatal

Kantung zakar merupakan tempat testis berada dimana fungsinya untuk memproduksi sperma. Infeksi pada kantung zakar yang tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan kantung zakar terasa nyeri, bengkak, dan bernanah. Penyebab kulit kantung zakar menebal dan terasa sangat gatal antara lain :
  • Infeksi jamur pada kemaluan dan sekitar anus yang disebut dengan tinea kruris. Infeksi jamur ini timbul karena organ intim lembab dan bulu kemaluan jarang dicukur serta dibersihkan.
  • Infeksi kantung zakar akibat penggunaan sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit Anda.
  • Kutu pada rambut kemaluan dapat menimbulkan reaksi alergi dengan kulit menebal, merah, dan terasa sangat gatal.
Iritasi dan infeksi pada kantung kemaluan yang tidak ditangani secara baik dan tuntas menyebabkan kulit menjadi menebal, sehingga rasa gatalpun bertambah. Untuk itu, Anda dapat konsultasi secara langsung ke dokter kulit dan kelamin agar mencari tahu penyebab dan segera mengatasinya, terlebih jika rasa gatal telah menggangu aktifitas Anda, menyebabkan rasa perih di kantung kemaluan, nyeri saat kencing, dan demam.Anda juga dapat menjaga kesehatan organ intim dengan rajin mencukur bulu kemaluan, namun tidak sampai bersih seutuhnya, karena rambut kemaluan juga penting untuk melindungi organ intim dari bakteri. Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan menyerap keringat. Jangan gunakan celana yang terlalu ketat. Hindari menggaruk kemaluan agar tidak timbul infeksi. Konsumsi obat pengurang rasa gatal seperti obat chlorpheniramin maleat dengan dosis 3 x 4 mg setelah makan. Efek yang ditimbulkan obat ini adalah rasa ngantuk, untuk itu, harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan organ intiminfeksi jamurpenyakit menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil