gatal di kaki, kadang di garuk terjadi luka menyebabkan infeksi akibat penyumbatan pembuluh darah

J Info Penanya: J, Pria, 47 Tahun
Dokter saya mau tanya...saya mengalami gatal2 pada kulit khususnya di kaki dan itu sudah berkanjut 3 tahun, kadang ketika gatal dan di garuk terjadi luka dan menyebabkan infeksi, dan saya coba berobat ke klinik terdekat, dan saya dapat jawaban krn ada penyumbatan pembuluh darah..yg saya tanyakan apakah obat yg bagus u penyakit tersebut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam J

Gatal di kaki disertai luka infeksi dapat terjadi akibat beberapa penyakit seperti infeksi jamur, bakteri, reaksi alergi kontak, neuropati diabetik dan penyempitan pembuluh darah kaki/ peripheral arterial disease (PAD), deep vein trombosis (DVT). 

Jika terdapat penyumbatan di pembuluh darah kaki biasanya terjadi pada orang dengan penyakit diabetes, merokok, kegemukan. Pada pasien dengan penyakit diabetes militus juga terjadi kerusakan pembuluh darah dan saraf pada kaki, sehingga jika terdapat gatal dapat memicu luka yang terinfeksi sebagai efek gula yang tinggi dan hambatan suplai aliran darah sehingga luka tidak kunjung sembuh memicu selulitis. 

Selain itu juga terdapat penyakit trombosis vena dalam (DVT) dimana ada trombosis gumpalan darah pada aliran balik vena tungkai bawah sehingga pembuluh darah tersumbat, faktor resiko penyakit ini adalah merokok, diabetes, kegemukan. penyakit PAD juga dapat memicu sumbatan pembuluh darah kaki sehingga aliran darah terhambat dan kaki menjadi gampang infeksi. Pada tahap yang lebih lanjut kaki kehilangan aliran darah dan menjadi busuk bahkan harus diamputasi.

Saya sarankan agar anda menjaga kebersihan kaki, memakan alas kaki jika berjalan, hindari menggaruk kaki hingga memicu luka, posisikan kaki lebih tinggi saat tidur. Anda juga harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah pembuluh darah/ vaskular untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

CMT ditandai dengan adanya kerusakan pada sistem saraf sensorik dan motorik

Charcot-Marie-Tooth (CMT): Kelainan pada Sistem Saraf

Charcot-Marie-Tooth (CMT) merupakan penyakit jenis neuropati yang terjadi sejak lahir. Kelainan pada sistem saraf yang terjadi dalam penyakit CMT diakibatkan mutasi gen yang berperan dalam pembentukan saraf. CMT memiliki tiga tipe yang memiliki karakteristik yang berbeda. Kelainan pada sistem saraf pada CMT tidak berbahaya, namun dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.