gatal di atas dan bawah bulu mata disertai bengkak dan berair

I Info Penanya: I, Wanita, 36 Tahun
kenapa sekarang mata saya sering gatal di area bulumata atas & bawah, kemudian bengkak dan berair,, apakah saya alergi dengan makanan atau alergi debu ? apa obatnya dokter... makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selama Malam I

Gatal di sekitar bulu mata disertai bengkak dan berair adalah peradangan pada kelompak mata atau blepharitis. Penyebabnya dapat berupa alergi, iritasi benda asing/ debu, infeksi bakteri, virus atau parasit. Jika rasa gatal dan pembengkakan terjadi setelah mengkonsumsi suatu makanan atau anda memiliki riwayat alergi hal tersebut dapat menjadi penyebabnya. 

Jika anda memiliki alergi maka disarankan menghindari pencetus alergi, jika mata terasa kering dan gatal dapat diberikan obat tetes yang menyejukkan mata dengan kandungan yang hampir sama dengan air mata normal. Hindari penggunaan obat tetes yang tidak tepat dan jangan mengucek mata pada saat gatal karena akan semakin mengiritasi.

Saran saya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata (Sp.M) agar mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi mata juling dapat kembalikan rasa percaya diri pada anak

Operasi Mata Juling Untuk Mengembalikan Rasa Percaya Diri Anak

Mata juling adalah kondisi di mana posisi kedua mata tidak sejajar. Akibatnya, mata tidak bisa bersamaan melihat suatu objek. Operasi mata juling bisa sebagai pilihan untuk langkah penyembuhan.