Gatal di area kewanitaan apa penyebabnya?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 27 Tahun
Kenapa ya gatal2 saya tak kunjung sembuh .. malah semakin parah .. saya hanya pake salep anti jamur ,. Gatalnya tak tahan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Gatal di area kewanitaan atau vagina gatal merupakan suatu gejala yang sering dialami oleh setiap wanita. Kondisi ini membuat rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala ini bisa dipicu oleh banyak hal.

Penyebab gatal pada vagina, yaitu: 

  • Infeksi jamur.
  • Infeksi bakteri.
  • Penyakit menular seksual: gonore, klamidia, herpes.
  • Menopause.
  • Kanker vulva.
  • Stres
  • Alergi.

Untuk mengobati gatal di area kewanitaan Anda, harus sesuai dengan penyebabnya. Jika diakibatkan karena infeksi jamur, maka harus diobati dengan antijamur. Jika karena infeksi bakteri, maka harus diobati dengan antibiotik. Jika karena iritasi di area vagina, bisa dengan kompres air hangat dan tidak menggunakan pakaian dalam yang ketat. 

Terkait gejala yang Anda alami ini, jika sudah diberikan salep antijamur dan tidak ada perubahan, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kulit dan kelamin agar dapat diperiksa lebih lanjut dan diterapi dengan tepat. Untuk saat ini, yang bisa Anda lakukan di rumah yaitu tidak menggaruk area vagina yang gatal, kompres dengan air hangat, mengkonsumsi probiotik untuk menjaga tingkat pH pada vagina, dan tidak menggunakan sabun khusus daerah kewanitaan. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sampai saat ini belum ada obat mandul tetapi ada obat yang meningkatkan kesuburan

Apakah Obat Mandul Memang Ada?

Kemandulan selalu dianggap sebagai sesuatu yang tidak dapat disembuhkan. Namun ada beberapa obat yang dipercaya dapat mengatasi kondisi ketidaksuburan dari dokter yang dapat digunakan untuk mengatasi kemandulan. Tidak hanya wanita, pria juga bisa diberikan obat seperti suntikan hormon FSH atau HcG.