Gatal dan Nyeri di lengan Terutama Saat Bangun Tidur?

R Info Penanya: R, Wanita, 47 Tahun
sakit dari lipatan siku sampai jari tengah dan jari manis tangan kiri, telapak dan jari-jari tangan sering gatal tiba-tiba dan paling sering ketika bagun pagi, itu kenapa ya dokter ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R

Saya akan menjabarkan untuk penyebab paling sering gatal pada lengan

1. Dermatitis kontak

Gejalanya kulit kemerahan, bengkak, gatal, disebabkan oleh paparan suatu zat tertentu. Biasanya sembuh dalam beberapa minggu. Perawatannya dengan menghindari zat penyebab reaksi alergi, salep anti radang, dan minum obat anti alergi.

2. Pruritus brachioradial

Gejalanya gatal, kesemutan, nyeri atau terbakar pada salah satu atau kedua lengan. Kulit bisa tidak tampak ada kelainan tapi akibat gatal yang terus digaruk/digosok pada akhirnya bisa memar, hiperpigmentasi dan/atau hipopigmentasi. Penyebabnya akibat iritasi saraf ditambah radiasi matahari pada daerah yang terpengaruh. Tatalaksananya dengan menghindari paparan sinar matahari, salep anti nyeri/alergi, dan minum obat untuk mengurangi gatal serta reaksi sarafnya.

3. Eksim

Dikenal juga sebagai dermatitis atopik adalah kelainan kulit kronis dengan gejala kulit kering, gatal, ruam dan bersisik. Perawatannya dengan mengurangi rasa gatal dan mencegah timbul di tempat lain. Dengan cara menggunakan sabun mild, melembabkan kulit, membatasi mandi, mandi jangan terlalu lama, tidak mandi dengan air panas dan mengeringkan kulit dengan lembut.

4. Psoriasis

Kelainan autoimun yang mempercepat pertumbuhan sel kulit, ditandakan dengan bercak merah, bersisik, gatal dan seringkali terasa nyeri. Perawatannya dengan salep antiradang, bedak salisilat atau yang mengandung retinoid. Terapi lain bisa dengan fotorerapi atau obat minum tertentu.

Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk memastikan diagnosa penyakitnya dan terapi yang sesuai untuk anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biduran menghasilkan rasa gatal dan bentol pada kulit yang disebabkan oleh infeksi virus atau alergi makanan

Cara Tepat Mengatasi Gatal dan Bentol Akibat Biduran

Biduran memiliki gejala yang mirip dengan kelainan kulit lainnya, seperti dermatitis kontak dan dermatitis atopik. Namun, perbedaan antara biduran dan dua kelainan kulit tadi adalah biduran terlihat kemerahan, munculunya bentol, dan disebabkan oleh infeksi virus atau alergi makanan.