Gatal dan merah di badan yang muncul tiba-tiba

MA Info Penanya: MA, Pria, 2019 Tahun
Dok, badan sy gatal dan biasanya menjalar ke bagian lain jika digaruk menjadi semakin gatal dan rasanya panas dikulit dan membekas warna merah,,kadang hilang sendiri tapi tiba" muncul gatal lagi,, itu penyakit apa dan bagaimana menyembuhkannya dok? Thanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Dari deskripsi anda kemungkinan anda mengalami urtikaria atau yang dikenal sebagai kaligata. Penyebabnya paling sering udara dingin tapi bisa juga disebabkan oleh hal lain yang menyebabkan reaksi alergi pada diri anda. Pada saat timbul merah-merah dan gatal anda bisa membantu mengurangi gatalnya dengan bedak atau salep anti alergi yang dijual bebas untuk mengurangi gatalnya. Bisa juga menggunakan kompres hangat untuk mengurangi gatal.

Bila keluhan anda tidak membaik, sebaiknya evaluasi lebih lanjut dengan Dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Anda juga bisa melakukan tes alergi pada beberapa laboratorium tertentu. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Actinic keratosis adalah kerusakan kulit yang kasar dan bersisik akibat paparan sinar matahari

Tips Mencegah Actinic Keratosis Akibat Sinar Matahari

Actinic keratosis adalah kondisi di mana kulit mengalami kerusakan yaitu menjadi kasar dan bersisik akibat paparan sinar matahari. Untuk pencegahannya, gunakan tabir surya, batasi waktu terkena sinar matahari serta minum banyak air putih.