Bentol-bentol gatal di mr. P, apa penyebabnya?

AY Info Penanya: AY
Halo dok, dalam 1 minggu ini saya mengalami gatal di batang p saya, trus ada bentol yang berisi air, trus sekarang mengering kulit batang p saya dok. Kira-kira kenapa ya dok.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AYS.

Bentol-bentol yang gatal pada penis adalah hal yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi kaum pria. Apabila dibiarkan, hal ini bisa saja menimbulkan komplikasi seperti iritasi atau kulit yang mengering. Oleh karena itu, harus dicari tahu secara pasti apa penyebabnya, agar dapat ditangani dengan tepat.

Penyakit Bentol pada Mr. P

Bentol gatal pada penis bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, baik yang ditularkan oleh penyakit hubungan seksual maupun bukan. Beberapa penyebabnya di antaranya:

Untuk sementara, Anda dapat mencoba menggunakan celana dalam yang tidak ketat dan berbahan menyerap keringat. Jaga kebersihan penis dan pastikan kondisinya tidak terlalu lembab maupun terlalu kering. Hindari menggaruk penis, karena dapat memicu infeksi lanjutan.

Apabila kondisi berlanjut dan tidak kunjung sembuh, Anda disarankan berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, agar dapat ditentukan diagnosis yang tepat. Setelah itu, dokter akan memberikan obat minum atau oles yang sesuai untuk Anda. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala kutil kelamin adalah terasa gatal di area kutil

Sering Tidak Disadari, Begini Gejala Kutil Kelamin yang Sebenarnya

Gejala kutil kelamin, di antaranya muncul satu atau sekumpulan benjolan kecil tanpa rasa sakit, kutil muncul di sekitar vagina, penis, anus atau paha atas Anda, terasa gatal, atau terjadi pendarahan.