Gatal dan keputihan, disertai ruam merah.

FU Info Penanya: FU, Wanita
Dok. Saya wanita yang sudah menikah. . Sekitar 3 hari yang lalu saya mengeluh gatal di daerah miss v dan saya berhubungan intim dngn suami saya. Setelah itu saya mengalami keputihan yg berlebihan dan bahkan miss v saya lebih gatal.. Di sertai ruam merah. Itu kenapa ya dokDan kalau melakukan oral seks apa di anjurkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FU

Anda mengalami gejala infeksi menular seksual. Bisa akibat infeksi bakteri atau jamur. Untuk penanganannya perlu pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan kuman penyebabnya. Agar diberikan resep obat yang tepat oleh dokter.

Oral seks saat sedang infeksi tidak dianjurkan karena dapat menular ke orang lain. Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel Waspadai Jenis Infeksi Menular Seksual yang Dapat Berpindah Karena Ciuman Berikut dan Penyakit Menular Seksual Ini Sering Tertular Melalui Seks Oral.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan hubungan seks yang aman namun tidak selalu demikian. Misalnya ciuman dapat menularkan herpes. Pemakaian kondom yang salah, terlambat, oral seks, anal seks atau kondom bocor mengakibatkan proteksi yang tidak sempurna. Komdom juga tidak mencegah infeksi menular seksual melalui kontak kulit.

Setelah berhubungan, penting untuk membersihkan genital dengan sabun ringan dan membasuh sampai bersih dan mengeringkannya. Tidak perlu menggunakan pembersih kewanitaan karena dapat menyebarkan infeksi lebih dalam.

Selain memeriksa tubuh sendiri, perhatikan juga tubuh pasangan anda terhadap tanda infeksi menular seksual seperti luka, kemerahan, kulit melepuh atau cairan tidak normal. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat akupuntur sangat beragam mulai dari redakan nyeri hingga stres

Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Ilmiah

Akupuntur merupakan metode yang telah terbukti membantu penyembuhan berbagai penyakit. Tidak lagi dilihat sebagai metode pengobatan tradisional, saat ini akupuntur sudah masuk sebagai salah satu cabang keilmuan untuk dokter spesialis.