Bagaimana cara mengatasi kulit gatal dan berair?

IF Info Penanya: IF, Pria, 29 Tahun
Kepada atau ibuSalep apa sih yang manjur untuk mengatasi penyakit kulit emtigo Supaya gk kabuh" lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IF, 

Ruam kulit adalah keluhan yang bisa timbul karena beragam hal mulai dari peradangan kulit, infeksi kulit karena bakteri, jamur, parasit ataupun virus, reaksi alergi dan lainnya. Jika yang dimaksud adalah impetigo maka impetigo adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Impetigo sendiri memiliki beberapa jenis gejala ada yang memicu terjadinya koreng dan bisa bernanah ataupun memicu bulae atau adanya bintil berair atau berisi nanah. 

Impetigo juga bisa timbul hampir diseluruh area tubuh. Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter atau dokter kulit dimana nantinya jika disebabkan oleh infeksi bakteri akan diberikan penanganan dengan antibiotik baik obat minum ataupun obat oles. 

Jika sering kali timbul dan kambuh-kambuhan bisa jadi penyebab utama dari timbulnya ruam kulit. Perhatikan juga ada tidaknya orang serumah yang mengalami keluhan serupa. Karena tidak jarang faktor lingkungan juga bisa memicu kekambuhan seperti misalnya jika disebabkan oleh infeksi kutu atau kudis.

Jaga kebersihan diri dan lingkungan baik kasur, sprei, pakaian, sofa dan lainnya agar bisa bersih dari debu dan kutu bisa dengan mencucinya menggunakan air panas agar telur kutu juga bisa mati. Sementara upayakan ruam kulit kering dan bersih dan hindari menggaruk agar tidak terjadi iritasi dan infeksi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

selain duri, landak laut juga memiliki racun

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Tertusuk Duri Landak Laut

Tertusuk landak laut atau bulu babi bisa jadi merupakan kesalahan manusia yang tidak sengaja menyentuh atau menginjaknya. Jika ini terjadi, segera lakukan pertolongan pertama tertusuk bulu babi.