27 Feb 2021, 17:21Kulit & Kelamin

Apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa gatal di kulit ?

RF
Info Penanya: RF0
Dok.. saya ingin tanya dr semalam aku gatal dan bentol2 pada badan ku seperti digigit semut gitu.. Tapi sore ini bentol nya makin banyak Solusinya gimana ya dok.. Aku harus minum obat apa dan ada larangan makanan yang berbau amis kah? Terima kasih dok??
228 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Rasa gatal merupakan reaksi alamiah tubuh saat ada pemicu seperti gigitan nyamuk, gigitan serangga, reaksi alergi terhadap sesuatu termasuk makanan, minuman, obat dan perbuahan cuaca. Rasa gatal yang terus menerus, membuat tubuh mencoba menggaruk dimana garukan yang keras dan kuku yang tajam serta kotor menimbulkan infeksi baru di kulit sehingga penyembuhan semakin lama.

Apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa gatal di kulit ?

Rasa gatal yang Anda alami bisa karena gigitan semut maupun reaksi tubuh jika sebelumnya Anda memiliki riwayat alergi. Cari tahu penyebab rasa gatal, apakah kondisi kasur, karpet dan rumah yang tidak bersih sehingga terdapat kutu maupun tungau, atau apakah air di rumah dalam keadaan kotor. Makanan amis bukan pemicu terjadinya gatal maupun bentol. Anda boleh makan apa saja yang bergizi jika sebelumnya Anda tidak mempunyai riwayat alergi makanan.Jika penyebab sudah diatasi baik dengan menghindari pencetus alergi yang Anda alami, membersihkan rumah dan karpet menggunakan vakum cleaner, bak mandi sudah dikuras namun rasa gatal dan semakin bertambah, segera minum obat pengurang rasa gatal seperti clhorpeniramine maleat dan bedak atau lotion dengan kandungan yang sama. Namun jika keluhan disertai sulit bernafas, mata menjadi bengkak, rasa tercekik, segera ke faslitias kesehatan agar ditangani dengan tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
alergigatalbiduran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil