27 Dec 2020, 20:28Kulit & Kelamin

Apa penyebab organ vital laki-laki terasa gatal ?

HK
Info Penanya: HK0
Akhir akhir ini saya merasakan gatal di area vital , dan gatalnya itu random lokasinya dan juga singkat. Kadang gatal dbawah kpala penis, kadang gatal pangkal penis dekat testis, kadang gatal area rambut kelamin, kadang posisi penis yg berubah lalu jadi terasa gatal. Gatal tersebut cuma dielus/disentuh langsung hilang ( diluar celana, tanpa menggaruk n menyentuh langsung ) Apakah ini cuma iritasi ringan ? Atau ada indikasi lain ?
1704 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, H.Gatal dapat terjadi di seluruh tubuh, baik karena ada rangsangan penyebab gatal, ataupun masalah pada saraf yang menimbulkan rasa gatal walau pencetus gatal tidak ada. Rasa gatal akan menyebabkan penderitanya ingin menggaruk. Menggaruk dengan kuku dan tangan yang kotor, serta garukkan yang terlalu keras, dapat menimbulkan luka baru di tempat yang gatal, sehingga dapat terjadi infeksi sekunder.

Apa penyebab organ vital laki-laki terasa gatal ?

Organ vital laki-laki yang terdiri dari kantung zakar, testis, dan penis, merupakan organ yang rentan terinfeksi, karena letak yang dekat dengan saluran percernaan yaitu anus, serta fungsi penis yang tidak hanya sebagai organ reproduksi melainkan organ saluran perkemihan pula. Kebersihan organ vital laki-laki yang tidak dijaga dengan baik, menyebabkan infeksi. Penyebab organ vital laki-laki terasa gatal antara lain :
  • Infeksi jamur akibat organ intim yang lembab dan sering berkeringat.
  • Penyakit menular seksual selain memberikan rasa gatal pada penis, juga menimbulkan gejala lain seperti nyeri saat berkemih, luka pada penis, keluar cairan nanah dari ujung penis.
  • Kutu kemaluan atau yang disebut juga dengan phitirus pubis memberikan sensasi gatal yang hilang timbul pada bulu kemaluan dan sekitar penis.
  • Reaksi alergi terhadap penggunaan sabun pada penis.
  • Penggunaan celana dalam yang terlalu ketat membuat penis menjadi iritasi.
  • Infeksi pada penis akibat bakteri.

Cara mengatasi gatal pada organ vital laki-laki

Cara mengatasi gatal pada organ vital laki-laki antara lain dengan melihat dan mencari tahu penyebab rasa gatal. Mencukur bulu kemaluan secara teratur namun tidak terlalu pendek agar melindungi organ vital dari infeksi. Hindari penggunaan sabun yang menyebabkan iritasi pada penis. Gunakan pakaian dalam dengan bahan yang nyaman, tidak terlalu ketat, serta menyerap keringat. Ganti pakaian dalam saat basah, minimal 2 kali sehari.Jika rasa gatal pada organ vital sangat mengganggu Anda, bertambah sering, diikuti rasa nyeri, perih, dan bengkak pada penis, timbul rasa sakit setelah berkemih, nyeri perut bagian bawah, urin menjadi keruh dan terdapat demam, segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kutu kemaluaninfeksi jamurtinea kruris
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil